Press ESC to close

5 Rokok yang Biasa Dihisap Oleh Orang Temanggung

Ada banyak merek rokok yang biasa diisap oleh orang-orang Temanggung. Apa saja itu?

Temanggung menjadi daerah yang dijuluki sebagai “Negeri Tembakau”. Pasalnya masyarakat di Temanggung menjadikan tembakau sebagai komoditi unggulan mereka. Jadi antara tembakau dengan Temanggung kedunya sulit untuk dipisahkan. 

Pun dalam kaitannya dengan rokok, boleh dibilang keduanya juga memiliki hubungan yang dekat. Masyarakat di Temanggung kerap menjadi sesuatu ini sebagai teman. Teman ketika nongkrong bersama orang lain, saat menyendiri atau yang lain sebagainya. 

Tentu masing-masing orang di Temanggung memiliki selera yang berbeda-beda dalam menikmati rokok. Tapi sebagai orang Temanggung, izinkan saya memetakan 5 rokok yang sering dihisap oleh orang-orang yang ada di Temanggung. 

a. Surya Gudang Garam 

Rokok pertama yang sering dihisap oleh orang Temanggung adalah Surya Gudang Garam. Rokok ini bisa dibilang menjadi salah satu favorit masyarakat sekitar, terutama bagi mereka anak-anak muda kisaran usia 20-30 tahun. Harus diakui Gudang Garam memang menguasai pangsa pasar yang ada di Temanggung. Bahkan ada tempat penyimpanan tembakau yang berasal dari Gudang Garam. 

rokok surya sebungkus

Bukan hanya itu saja, baliho-banner Gudang Garam terbilang banyak terpasang di Temanggung. Jadi wajar ketika Surya Gudang Garam menjadi rokok favorit. Rokok ini terbilang awet dan memiliki sensasi rasa yang cukup menggairahkan. 

Baca Juga:  Perokok Juga Bertanggungjawab Pada Lingkungan

b. Gudang Garam Merah

Masih dari Gudang Garam, hanya saja rokok kedua favorit orang-orang Temanggung adalah Gudang Garam Merah. Rokok ini cenderung digemari oleh bapak-bapak hingga orang yang sudah lanjut usia. Bapak saya sendiri juga mengidolakan Sigaret Kretek Tangan yang dari Kediri ini. Dengan sensasi rasa yang enak dan durasi penghabisan yang cukup lama menjadikan rokok ini cocok dihisap di Temanggung yang memiliki hawa yang relatif dingin. 

c. Djarum 76 

kado wisuda

Rokok favorit yang dihisap di Temanggung dengan urutan ketiga jatuh kepada Djarum 76. Sengaja saya tulis Djarum 76 karena rokok ini memiliki banyak varian. Namun yang ramai di Temanggung adalah Djarum 76 original yang memiliki warna kuning dan Djarum 76 Mangga. Kedua rokok tersebut kerap dipakai oleh masyarakat Temanggung, baik oleh mereka yang usianya muda atau yang sudah lanjut usia. 

d. Dji Sam Soe 

Harus diakui bahwa Dji Sam Soe memang menjadi salah satu Sigaret Kretek Tangan andalan di Indonesia. Termasuk di Temanggung. Walau harganya cenderung lebih mahal dari rokok-rokok SKT pada umumnya, tapi rokok ini tergolong masih banyak peminatnya bagi orang-orang Temanggung. 

Baca Juga:  100 Daftar Harga Rokok di Indomaret Bulan Desember 2023

e. Tingwe Tembakau 

Rokok terakhir yang sering dihisap oleh orang Temanggung tidak lain adalah tingwe. Sejauh yang saya tahu, masyarakat Temanggung sangat banyak yang melakukan tingwe. Tentu karena harga rokok kian mahal. Tingwe yang dilakukan oleh masyarakat Temanggung biasanya memakai tembakau di area lereng Sumbing dan Sindoro. Tembakau-tembakau itu yang biasanya digunakan oleh pabrikan dalam membuat rokok enak. FYI saja, tembakau Temanggung perlu diberi cengkeh supaya rasanya lebih nikmat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *