6 Negara Produsen Tembakau Terbesar Dunia

Tembakau memeliki kedudukan sangat penting dalam ekonomi dan perdangan dunia. Industri tembakau dengan segala produk turunannya berperan besar dalam menyediakan lapangan kerja dan sumber pendapatan bagi masyarakat dunia.

Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika tanaman tembakau ditemukan di hampir seluruh negara di dunia. Menurut laporan terbaru yang dikeluarkan Food and Agriculture Organization (FAO),  bahwa sekitar 100 negara tercatat sebagai penghasil tembakau.

FAO juga menyebut bahwa pada tahun 2007, jumlah produksi tembakau dunia mencapai 6,5 ton. Negara mana saja pemasok tembakau terbesar dunia?

1. China

China adalah negara penghasil tembakau terbesar di dunia. Pada tahun 2007, FAO mencatat produksi daun tembakau China mencapai 2.397.200 ton. Dengan jumlah tersebut, produk tembakau China menyumbang 38,87 persen total produksi dunia.

Dari total produksi tembakau China, hanya 5 persen saja yang diekspor. Selebihnya, China menggunakan tembakau untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Selama Januari-Juni 2007, industri tembakau China mendaftarkan keuntungan sebelum pajak lebih dari 200 milyar yuan atau setara dengan US$ 27 Milyar. Angka tersebut tidak lepas dari pemberlakuan sistem monopoli industri tembakau oleh pemerintah.

2. Brazil

Sementara, negara yang menduduki peringkat kedua sebagai penghasil daun tembakau terbesar dunia adalah Brazil. Jumlah produksi tembakau Brazil pada tahun 2007 mencapai 919.393 ton. Brasil menguasai sekitar 14,6 persen tembakau dunia.

3. India

Di India, tanaman tembakau untuk pertama kali dibawa oleh portugis. Mulanya, Portugis memperkenalkan tembakau di kalangan istana. Tembakau menjadi komoditas penting bagi perdangan antara kedua negara, Portugis menggunakan tembakau sebagai komoditas barter untuk membeli tekstil India. Lambat laun, tembakau menyebar ke masyarakat dan menjadi bagian busaya masyarakat India.

Pada tahun 2007, jumlah produksi tembakau India mencapai 555.000 ton dan menguasai sekitar 8,43 persen tembakau dunia dengan. Dengan angka tersebut, India mencatatkan namanya sebagai negara ketiga penghasil tembakau terbesar dunia.

4. Amerika Serikat

Unik memang, Amerika sebagai salah satu negara yang paling getol mengkampanyekan dan mendorong justru berada pada urutan ke empat negara penghasil tembakau terbesar di dunia. menguasai 5,73 persen.

Di Amerika, tembakau tumbuh subur di 21 negara bagian. Negara bagian Kentucky dan North Carolina merupakan penghasil tembakau terbesar, yaitu mencapai dua pertiga dari tembakau yang ditanam di Amerika. Total produksi dari semua jenis tembakau Amerika diperkirakan mencapai 805 juta pounds dari sekitar 354.000 hektare lahan penanaman tembakau Amerika.

5. Argentina

Argentina merupakan negara di Amerika Selatan dan termasuk negara terluas kedelapan di dunia. Negara asal legenda sepak bola, Diego Armando Maradona merupakan negara maju dalam bidang industri dan pertanian. Hal itu tidak lepas dari kebijakan pemerintah setempat untuk memproteksi  pertanian Argentina.

Argentina memiliki lahan peranian tembakau sekitar 831,75 dengan jumlah panen 776 kilometer persegi. Argentina menyumbang 2, 76 persen stok tembakau dunia dan sebagian besar hasil tembakau diekspor ke berbagai negara. Argentina adalah negara kelima penyumbang tembakau terbesar dunia.

6. Indonesia

Tembakau merupakan salah satu komoditas terpenting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Industri tembakau dari hulu ke hilir telah melibatkan jutaan tenaga kerja. Tahun 2011, pemerintah mengantongi pendapatan dari cukai rokok, salah satu produk dari tembakau, sebesar 70 triliun.

Pada tahun 2007, Indonesia menjadi negara keenam penghasil tembakau terbesar dunia dengan  jumlah produksi tembakau sebesar 164.851. Hasil panen tembakau di Indonesia mampu menyumbang 2,67% daun tembakau dari pasokan global. Namun, jumlah produksi tersebut bukanlah angka tertinggi selama 20 tahun terakhir. Tahun 2001 produksi tembakau Indonesia mencapai 200 ton lebih. Padahal, permintaan tembakau dalam negeri terus meningkat.

(Visited 4,989 times, 15 visits today)

Komentar

komentar

Categories: Ragam

Tags: ,