Press ESC to close

Beri Rokok ke Suku Anak Dalam, Khofifah: Jangan Sok Tahu

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa angkat bicara tentang tudingan miring yang ditujukan kepadanya setelah dia memberikan rokok kepada suku Anak Dalam atau orang Rimba di Jambi.

“Jangan sok tahu kehidupan mereka. Kenali apa yang menjadi ritme kehidupan mereka,” ujar Khofifah di Surabaya, Minggu, 29 Maret 2015. Menurut Khofifah, tidak bijaksana jika seseorang belum pernah datang ke permukiman orang Rimba tapi mempertanyakan pemberian rokok yang dilakukannya.

“Sangat bijaksana kalau kita semua pergi ke sana, sehingga tahu adat-istiadatnya juga,” ujarnya. “Tolong kalau ingin mengerti tentang kultur jangan hanya dari kacamata Jakarta. Saya pun ingin mengajak Anda ke sana, turunlah ke sana, sapalah mereka.”

Khofifah menganjurkan masyarakat mengenali adat-istiadat suku Anak Dalam dengan berkunjung ke daerah suku itu, sehingga bisa mengenali budaya dan tradisi masyarakat di sana. “Jangan melakukan hegemoni kultural. Sebab keberagaman adat-istiadat dan kultur merupakan kekayaan negeri ini,” katanya.

Saat ini, kata Khofifah, Kementerian Sosial dan Kementerian Lingkungan Hidup serta Pemerintah Provinsi Jambi masih melakukan pendekatan untuk membantu mengatasi masalah pendidikan dan memberikan bantuan bahan makanan pokok kepada suku Anak Dalam di Jambi. Menurut dia, pemerintah akan terus membantu suku Anak Dalam dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:  Rokok dan Bir Jadi 'Senjata' Rusia di Gunung Salak

Sebelumnya, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia dan Solidaritas Advokat untuk Pengendalian Tembakau (Sapta) menggugat Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa atas pembagian rokok gratis kepada suku Anak Dalam atau orang Rimba di Jambi. Mereka menilai tindakan yang dilakukan Khofifah tersebut merupakan bentuk pengabaian kesehatan masyarakat.

Anggota SAPTA, Tubagus Haryo Karbyanto, mengatakan konsumsi rokok telah terbukti memiskinkan masyarakat rumah tangga miskin. Tindakan bagi-bagi rokok gratis tersebut, dia melanjutkan, bertentangan dengan tugas dan fungsi pemerintah.

Pembagian rokok tersebut dilakukan Khofifah saat membagikan sembako dan pakaian dalam kunjungannya ke permukiman suku Anak Dalam di Jambi. Khofifah berkunjung untuk mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya sebelas orang Rimba karena kelaparan.

Sumber: Tempo

Komunitas Kretek

Komunitas Kretek

Komunitas Asyik yang Merayakan Kretek Sebagai Budaya Nusantara