Press ESC to close

Katon Bagaskara dan Ritual Isap Cigar Sebelum Naik Panggung

Katon Bagaskara akhirnya membuka suara terkait pertanyaan publik yang sering diajukan kepadanya yakni mengapa cerutu atau cigar meskipun penyanyi? Apakah tidak membuat kualitas suara menjadi menurun karena aktivitas ini? 

Pelantun tembang populer ‘Yogyakarta’ ini mengatakan “Siapa bilang tembakau bisa merusak suara?” Katanya, dalam postingan reels Instagram yang diunggah akunnya pada 31 Juli 2023. 

Tembakau murni baginya merupakan obat yang mudah didapat dan murah, bahkan telah digunakan sejak berabad-abad silam. Nilai manfaat ini sangat banyak, dan bila seseorang mau mencari tahu dapat dengan mudah menemukan. Mencari jawabannya dengan Google saja bisa menemukan berbagai manfaat tembakau

Katon mengatakan aktivitas menghisap cerutu merupakan bagian dari karirnya sejak 1996. Ritual menghisap cerutu itu ia biasa lakukan ketika hendak naik ke panggung atau sebelum pertunjukkan lainnya. 

Bukannya memberi dampak negatif terhadap suaranya, Katon senantiasa mendapatkan energi baru dari menghisap cigar sehingga bisa bernyanyi dengan sebaik-baiknya. 

Katon menyadari bahwa pilihan tetap menghisap tembakau juga pilihan politis baginya. Karenanya ia memilih tembakau murni dan telah disimpan minimal 1,5 tahun. “Tanpa campuran kertas, tanpa saos, tanpa kimia, tanpa apapun, murni tembakau,” katanya. 

Menghisapnya pun hanya membuat mulut penuh, tidak masuk ke dalam dada. 

Katon juga mengingatkan bahwa persoalan tembakau sengaja direduksi untuk kepentingan bisnis. Konspirasi global itu sengaja menjelek-jelekkan tembakau, padahal mereka justru merusak citra tembakau dan aneka manfaatnya dengan bahan-bahan kimia lainnya.

Baca Juga:  Soekarno pun Pernah Menghapus Cukai Rokok

Di sisi lain, mereka juga mencari celah untuk bisnis mereka di antaranya melalui produk-produk pengganti tembakau. 

Tolong, buka pikiranmu, kata Katon di akhir penjelasan.

Nody Arizona

Nody Arizona

Anak Jember, tukang ngopi, dan suka nulis di minumkopi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *