asap rokok

Agar Tak Terpapar Asap Rokok, Jangan Makan di Area Merokok

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pernah nggak sih ketika kita lagi enak-enak merokok kemudian ada orang yang menegur jangan merokok di tempat itu. Padahal, kala itu kita sedang asyik sebats di ruang merokok. Dan kok ya ada orang yang sudah tahu itu ruang atau area merokok, tapi tak suka terpapar asap rokok. Duh heran saya.

Kejadian di atas adalah potret yang cukup sering dialami perokok. Walau sudah ada di ruang merokok, tetapi aktivitas sebatsnya masih saja dikomentari atau dinyinyiri orang lain. Bahkan, tidak jarang ada yang meminta kita mematikan rokok karena terganggu asap rokok di ruang merokok.

Hal tersebut adalah satu perkara yang kerap terjadi dalam urusan merokok. Keberadaan orang yang tidak merokok di area merokok. Padahal, berdasar undang undang, di area ini lah hak para perokok justru dijamin kebebasannya untuk merokok. Jadi, jika memang mau ada di ruang ini, ya harusnya sih sudah siap untuk terpapar asap rokok dari para perokok.

Baca Juga:  Putusan MA, Pajak Rokok Bukan Untuk Kampanye Anti Rokok

Masalahnya, masyarakat tidak merokok ini banyak juga yang ternyata tak tahu kalau ada yang namanya area merokok. Mereka, yang tidak merokok ini, hanya paham kalau ada tempat dilarang merokok. Tidak tahu kalau ada tempat yang memang dikhususkan untuk aktivitas merokok.

Bisa jadi, ini adalah kegagalan literasi masyarakat yang biasa terhasut oleh kelompok anti rokok. Kampanye dan hal-hal yang terpublikasi terkait rokok ini melulu hanya membahas bahwa orang tidak boleh merokok sembarangan. Sementara, tempat yang dikhususkan untuk merokok tidak banyak diberitahukan.

Jika memang tidak senang atau tidak suka terpapar asap rokok, mbok ya jangan berada di area merokok. Biar bagaimana pun, itu adalah ruangan untuk orang-orang bisa merokok. Kalau alasannya sekadar di area tanpa asap rokok itu penuh, ya ditunggu saja sampai kosong. Atau jika mentok dan perlu berada di area merokok, ya tolong pahami yang merokok.

Jangan kemudian malah meminta orang yang ada di area merokok untuk mematikan rokoknya. Apalagi dengan cara yang ngegas atau dengan nada emosi, itu salah tempat namanya. Kalau begini sih, para perokok boleh saja memarahi atau memintanya keluar dari ruangan itu. Sudah salah, kok malah marah.  Kalau memang tidak suka asap rokok, solusinya ya jangan makan atau nongkrong di area merokok.

Baca Juga:  Tembakau Temanggung Mulai Terdampak Pandemi
Aditia Purnomo

Bukan apa-apa, bukan siapa-siapa | biasa disapa di @dipantara_adit