Artis Merokok Dicibir Lagi, Kali Ini Zayn Malik

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Setiap individu memiliki kebebasan untuk memilih dan melakukan sesuatu yang mereka inginkan asal tidak melanggar peraturan yang ada. Siapapun juga berhak untuk merokok asal umurnya sudah memenuhi syarat. Maka seharusnya tak ada masalah jika ada tokoh yang merokok, artis merokok, termasuk pula seorang Zayn Malik.

Sudah berulang kali cibiran terhadap publik figur terjadi karena aktivitas merokok. Sebenarnya apa salahnya? Merokok adalah bagian dari kehidupan seperti makan, tidur, beraktivitas, bekerja, bahkan bercinta. Apakah kemudian mereka merokok maka seolah-olah hal yang buruk bagi dunia ini akan terjadi?

Justru hal yang buruk sering tertimpa pada artis merokok. Politik stereotyping kemudian terjadi dan menganggap mereka seolah-olah bukan manusia, atau setidaknya dianggap sebagai sesuatu yang tabu bagi norma sosial.

Betapa tidak beruntungnya Zayn Malik, seorang penyanyi asal Inggris yang punya talenta dan bakat yang luar biasa dalam musik. Tak hanya di bidang musik, dirinya juga memiliki kemampuan yang luar biasa dalam bermain peran di layar lebar.

Baca Juga:  Nikotin, Kandungan Rokok yang Tak Melulu Menakutkan

Hanya karena dia salah satu dari sekian banyak artis merokok, maka cacian pun harus diterimanya. Kali ini segala cacian dan sindiran itu ia dapatkan ketika sedang merokok dalam aktivitas Instagram Live Streaming di akun pribadinya.

Zayn Malik dianggap oleh para fansnya tengah menghisap ganja atau barang-barang yang terlarang lainnya hanya karena dirinya sedang merokok. Betapa jahatnya tuduhan dan cacian tersebut. Tembakau sangat berbeda jauh dengan ganja, bahkan regulasi pun tak mempermasalahkan dalam menghisap rokok.

Tindakan yang sama pernah Dia dapatkan pada 2015 silam. Hanya karena ia mengunggah foto sedang merokok, kolom komentar akun instagramnya banjir hujatan oleh para netizen. Seolah-olah netizen atau para fansnya tak boleh melihat idolanya untuk melakukan sesuatu yang berbeda dari keinginan mereka.

Idola dianggap tokoh yang penuh dengan kesucian dan jauh dari stigma-stigma yang buruk. Anggapan itu yang membuat banyak artis merokok harus kena getahnya jika mereka ketahuan merokok.

Padahal apa salahnya mereka merokok? Apakah mereka mengeluarkan ajakan kepada anak-anak di bawah umur untuk mengikuti jejak mereka untuk juga merokok? Tidak, kan? Manusiawi sajalah dalam melihat idola kalian merokok!

Baca Juga:  Review Djarum Coklat: Kretek Manis Pengusir Hawa Dingin

Apakah dengan merokok juga akan menurunkan kualitas dari seorang bintang? Jawabannya tidak juga. Banyak penyanyi top di luar sana yang tetap terjaga kualitas nyanyiannya walau ia menghisap tembakau.

Banyak juga film-film yang menampilkan adegan merokok dengan kualitas sinematik yang yahud. Banyak juga artis atau aktor yang mendalami peran merokok (meski mereka bukan perokok) dan tidak pernah keberatan. Hidup tak hitam putih seperti yang kalian bayangkan.

Justru dengan merokok sebenarnya para tokoh tersebut sedang merayakan kemerdekaan dirinya yang selama ini barangkali terikat oleh tuntutan label dan fans. Dengan merokok, Zayn Malik mampu menjadi diri sendiri yang lepas dari berbagai belenggu.

Itulah keajaiban sebuah benda bernama rokok, pada titik tertentu ia menghadirkan kemerdekaan.

Sumber gambar: instagram @zayn
Indi Hikami

TInggal di pinggiran Jakarta