tembakau2-komunitaskretek

Batik Tembakau Jember yang Mendunia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tembakau merupakan tanaman yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Mulai dari segi kesehatan, tembakau juga memberikan penghasilan baik bagi masyarakat dan negara. Termasuk di Jember. Pasalnya tanaman ini memberi penghidupan kepada jutaan petani, jutaan buruh, dan jutaan pedagang. Belum lagi cukai yang diberikan dari industri hasil tembakau kepada negara sangatlah besar mencapai kurang lebih 142 triliun pertahunnya. Defisit dana BPJS juga ditanggulangi oleh cukai rokok. Memang komoditas tembakau merupakan yang terbesar bagi Indonesia.

Di kabupaten Jember provinsi Jawa Timur, tembakau juga menjadi tanaman yang sangat banyak memberi penghidupan. Kabupaten Jember ini salah satu penghasil tembakau terbesar dan terbaik. Kabupaten Jember ini tidak akan terlepas dari bau tanaman tembakau. Gambar atau logo dari kabupaten ini juga menggunakan tembakau yang maknanya melambangkan bahwa Kabupaten Jember selain dikenal sebagai gudang pangan, juga dikenal sebagai daerah penghasil komoditi tembakau yang cukup terkenal dan menghasilkan devisa cukup besar bagi negara disamping komoditi perkebunanlainnya.

Baca Juga:  Pemberian ALat Produksi Pertanian di Lombok Belum Sepenuhnya Menjawab Persoalan Petani

Sudah sejak puluhan tahun Jember dikenal sebagai penghasi ltembakau yang paling banyak mengekspor bahan dasar rokok cerutu ke Bremen, Jerman. Jember juga dikenal dunia bukan semata-mata karena tembakau maupun kopinya, tapi juga budaya dan pariwisatanya. Salah satu yang fenomenal adalah gelaran tahunan Jember Fashion Carnaval (JFC). Biasanya semua hasil karya batik turun di acara ini untuk mengenalkan hasil karya dari jember sendiri.

Selain terkenal dengan tempat obyek wisata, kuliner, budaya atau tembakau maupun kopi dan coklat. Batik Jember kini pun sudah mulai go internasional.Motif batik jember menjadi daya tarik tersendiri karena mengangkat motif dari hasil bumi khas dari tanahnya sendiri. Sehingga kain batik produksi Jember pun didominasi motif daun tembakau.

Sejak turun temurun motif daun tembakau dari ukuran kecil hingga ukuran besar selalu menjadi salah satu motif andalan bagi perajin batik di Jember. Beragam motif dan corak ditorehkan di kain putih sehingga menghasilkan karya dengan berbagai keunikan. Motif yang disajikan oleh batik Jember sangat  berbeda sekali dengan motif kota lainnya. Jember sekarang menjadi pemasok dan pembuat batik yang banyak diminati oleh masyarakat

Baca Juga:  Budidaya Tembakau Lokal di Kabupaten Bangli

Seorang desainer bernama Lia Afif mengangkat batik khas jember ini di Paris Fashion Week. Lia mengeksplorasi batik Jember untuk gaun gala atau pesta bagi muslimah. Sebanyak 20 koleksi Lia ditampilkan di acara Paris Fashion Week 2018 yang semuannya memakai bahan batik Jember. Dengan begitu keberadaan batik Jember akan dikenal oleh dunia. Semoga batik jember ini bisa terus dikenal ke semua penjuru dunia.

Yang terpenting kita harus menghargai dan merawat tanaman tembakau yang memberikan banyak sekali manfaat bagi masyarakat Indonesia. Mulai dari rasa sampai bentuknya sangat berguna bagi masyarakat. Komoditas tembakau memang harus kita lestarikan bukan kita musnahkan.

Wahyu Heri

Banyak buku, sedikit nyender, tapi tidak oleng.