Tips Untuk Kretekus Yang Mudik

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mudik ke kampung halaman saat mendekati hari lebaran boleh dikata sudah menjadi tradisi bagi para perantau. Tidak terkecuali para kretekus. Bahkan, mudik sudah menjadi ritual tahunan yang mungkin saja dianggap fardu ‘ain oleh sebagian orang. Sebab, selain menebus rasa rindu kepadan orang tua beserta keluarga, mudik juga menjadi suatu ajang untuk bertatap muka sama teman-teman lama.

Menjelang mudik dilaksanakan, sudah barang tentu banyak hal yang harus dipersiapkan supaya perjalanan mudik berjalan lancar dan selamat sampai tujuan. Nah, daripada bertele-tele, mari simak yuk beberapa persiapan dan tips mudik kretekus berikut ini:

Siapkan Kondisi Tubuh

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan kondisi badan kalian dalam keadaan prima, apalagi yang ingin mudik mengendarai kendaraan pribadi. Jangan sampai memaksakan berkendara saat kondisi tubuh tidak prima. Keselamatan perjalanan lebih utama, tunggulah sampai badan benar-benar prima.

Perhatikan kondisi kendaraan

Bagi sebagian pemudik, mudik menggunakan transportasi pribadi lebih nyaman daripada menggunakan transportasi umum seperti bis, kereta, dan lainnya. Namun, tentu jika pilihan tersebut tepat, sobat kretekus yang memilih mudik dengan kendaran pribadi harus memperhatikan kondisi kendaraan. Nah, langkah paling mudah dengan membawanya ke bengkel terlebih dahulu. Periksa apa saja masalah di kendaraan Anda dan lakukan perbaikan. Dengan melakukan ini, kendaraan mudik Anda akan lebih siap.

Baca Juga:  Merokok Nggak Apa-Apa, yang Penting Bisa Main Bagus di AS Roma

Siapkan kelengkapan Surat Kendaraan

Sebagai orang berkepribadian luhur dan taat sebagai warga negara, Anda harus mematuhi segala aturan yang ada. Bagaimanapun, syarat sah Anda berkendara harus punya STNK dan SIM. Intinya biar nggak ketilang kalo tiba-tiba ada pemeriksaan dari pihak kepolisisn. Jika sudah lengkap, langsung tancap gas.

Siapkan Perlengkapan Berkendara

Ketika ingin berkendara, tentunya ada standar keamanan yang harus terpenuhi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan selama berkendara, apalagi jika perjalanan memakan waktu yang panjang, khususnya bagi Anda yang menggunakan sepeda motor.

Nah, berikut ini adalah beberapa perlengkapan yang harus dipenuhi yang memilih mudik menggunakan sepeda motor:

  1. Helm

Helm menjadi hal yang wajib untuk digunakan oleh seorang pengendara sepeda motor. fungsinya untuk mengamankan kepala Anda dari hal yang tidak diinginkan. Tentu standar helm juga harus diperhatikan. Pakaiah helm berstandar SNI supaya lebih aman dan nyaman digunakan.

  1. Jaket

Jaket juga menjadi wajib untuk dipakai untuk melindungi tubuh dari angin selama perjalanan. Khususnya bagi yang mudik melalui jalur pantura, selain anginnya kencang, juga terkenal dengan cuaca panasnya.

  1. Sarung Tangan
Baca Juga:  Cerutu Rizona di Temanggung dan Kualitas Tembakau Indonesia yang Mendunia

Sarung Tangan juga harus digunakan, sebab selain melindungi tangan dari angin, sarung tangan juga mampu melindungi dari terik panas matahari.

  1. Masker

Saat mengendarai sepeda motor, walaupun sudah menggunakan helm, ada saja debu yang masuk mengenai muka, hidung. Oleh sebab itu, sobat kretekus juga harus memakai masker supaya terhindar dari debu jalanan yang hinggap di muka.

Jangan melanjutkan perjalanan jika tubuh merasa capek

Saat melakukan perjalanan dan badan terasa cape, ngantuk, dan lemas, jangan memaksakan untuk melanjutkan perjalanan. Istirahatlah terlebih dahulu di rest area dadakan yang tersedia di sepanjang jalur mudik. Rentangkan badan terlebih dahulu supaya ototnya tidak kaku. Biasanya, di beberapa titik ditemukan jasa pijit gratis. Nah, jangan sia-siakan jika menemukan jasa pijat gratis.

Berhentilah untuk merokok dan ngopi jika mata mulai mengantuk

Saat melakukan perjalanan yang cukup panjang, pasti akan dihadapkan pada kondisi rasa kantuk. Nah, jika Anda mengalami kondisi seperti itu, cobalah cari tempat untuk merokok. Biasanya banyak sekali warung-warung dadakan di pinggir jalan. Biasanya selain menyediakan rokok, tersedia juga kopi. Dijamin, rasa kantuk bakal sirna. Oh iya, ini bagi pemudik yang tidak berpuasa ya. Bagi Anda yang berpuasa tidak dianjurkan melakukan hal ini. Atau lakukan hal ini pada malam hari. Yang penting jangan merokok sambal berkendara, selain mengganggu konsentrasi berkendara Anda, berpotensi juga mengganggu pengendara lain.

Baca Juga:  Jalan Kaliurang, Km. 5,5 No.1

____

Nah, itu saja beberpa tips mudik bagi kretekus. Jangan lupa baca bismallah sebelum berangkat dan diakhiri dengan mengucap alhamdulillah jika sudah sampai. Salam untuk keluarga di kampung halaman. Semoga Lebaran Idul Fitri ini menjadi berkah dan kita semua menjadi manusia yang fitri kembali. Salam sebats!

Ahmad Saeroji

Santri doyan ngerokok