Press ESC to close

3 Tips Mudik Lebaran untuk Kretekus

Memasuki waktu lebaran para kretekus mulai mempersiapkan diri untuk kembali ke kampung halaman masing-masing. Para pemudik harus mempersiapkan segalanya dengan matang, mulai dari kondisi badan, tiket, kondisi kendaraan, obat-obatan, baju, maupun perlengkapan yang lain.                                           

Bagi kretekus, waktu istirahat untuk sekadar merokok menjadi hal penting yang tidak bisa dilewatkan. Sebab, mengisi energi dan menghilangkan kantuk melalui rokok merupakan bentuk istirahat yang tepat ketika melakukan perjalanan. Bagaimana caranya?

Tips Mudik Lebaran untuk Kretekus

Berikut tips mudik lebaran untuk kretekus, yaitu:

a. Persiapan matang     

Sebelum melakukan perjalanan, kretekus wajib memperhatikan kondisi badan terlebih dahulu. Jika kondisi badan dirasa tidak sehat dan mudik dilakukan secara mandiri dengan waktu perjalanan yang panjang, alangkah lebih baik jika menunda perjalanan. 

Apabila memilih perjalanan dengan durasi pendek, perjalanan boleh saja dilakukan asalkan tetap dalam pengawasan keluarga atau teman. Apapun keadaanmu, jangan lupa membawa cadangan obat–obatan.

Selain itu kamu juga harus mempersiapkan SIM, STNK, atau surat kendaraan lain yang wajib dibawa ketika perjalanan.

b. Pastikan kendaraan aman

Selain kondisi badan, kondisi kendaraan juga menjadi perhatian penting yang tak boleh dilewatkan. Pastikan kendaraan dalam keadaan terawat dan layak untuk melakukan perjalanan. Saat sudah di jalan pun, mengecek kondisi kendaraan secara berkala sangat dianjurkan.

Baca Juga:  3 Hal yang Wajib Dibawa Perokok

Lalu, apabila kamu melakukan perjalanan menggunakan kendaraan umum, pastikan kendaraan yang akan kamu naiki nyaman dan terawat. Selain itu jika kendaraan yang akan kita naiki memiliki riwayat yang baik dalam sejumlah perjalanan membuat kita sebagai pemudik tak perlu mengkhawatirkan lagi kemungkinan buruk dalam perjalanan.

c. Merokok ketika berhenti atau beristirahat

Sebagai kretekus kita perlu mempersiapkan rokok, korek, dan asbak portable sebagai teman perjalanan. Ketika melakukan mudik secara mandiri biasanya kretekus memiliki waktu tersendiri untuk berhenti merokok. Hal ini dilakukan untuk mengisi energi, menghilangkan lelah, dan juga kantuk.

Merokok ketika dalam perjalanan juga tak bisa sembarangan. Apabila kamu menaiki transportasi umum, pastikan kendaraan yang akan kamu naiki memiliki ruang merokok tersendiri. Jika ternyata tidak terdapat ruang merokok, kamu bisa merokok ketika transportasimu melakukan pemberhentian.

Rokok yang kamu pilih untuk teman mudik juga bisa beragam. Kalau ingin menghilangkan rasa kantuk, kamu bisa memilih rokok dengan cita rasa yang pedas, atau rokok yang mengandung rasa mint. Apabila ingin merokok namun dengan durasi yang cepat, kamu bisa memilih rokok dengan ukuran batang yang kecil (superslims) atau rokok jenis SKM Mild. 

Baca Juga:  Pandangan Gus Dur Soal Rokok

Kalau ingin lebih nikmat lagi, jika kamu memiliki waktu pemberhentian yang lama, kamu bisa menepi untuk merokok sambil ditemani secangkir kopi. 

Yang perlu diingat, merokok ketika dalam perjalanan hanya berlaku untuk para kretekus yang sedang tidak berpuasa ya. Kalau kamu berpuasa ya jangan sampai membatalkan.

Nah, beberapa tips di atas bisa menjadi tips mudikmu agar lebih nyaman. Jangan sampai melewatkan semua persiapan agar perjalananmu tetap aman dan selamat sampai tempat tujuan. Take care, kretekus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *