Asbak Rokok di atas Meja Tanda Boleh Merokok

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sebagai perokok santun, kita tentu harus pandai membaca penanda. Hal ini penting untuk menentukan lokasi apa yang kiranya memperbolehkan kita merokok. Nah salah satu penanda yang biasanya bisa kita gunakan adalah ketersediaan asbak rokok.

Bagi sebagian orang, aktivitas merokok di dalam rumah adalah hal yang terlarang. Meski begitu bagi sebagian lainnya, aktivitas merokok di dalam rumah adalah hal yang biasa saja. Perkara ini bisa kita tentukan kiranya lewat keberadaan asbak merokok di ruang tamu keluarga.

Biasanya, tuan rumah yang menyediakan asbak rokok di tempat tamu berkunjung memperbolehkan kita untuk merokok. Kalau pun si tuan rumah tidak merokok, sepanjang asbak tersedia, umumnya kita diperbolehkan saja merokok.

Namun, jika memang masih ragu, tak ada salahnya jika kita memutuskan untuk izin merokok di ruangan tersebut, atau menanyakan apakah boleh merokok di tempat itu. Kalau memang diperbolehkan, ya sudah sebats saja.

Lebih asyik lagi, jika kemudian tuan rumah lebih dulu membakar rokoknya. Alamak, ini tuan rumahnya paham betul kalau dari tadi kita nahan asem di mulut. Kalau sudah begitu, ya sudah sebats saja.

Baca Juga:  Bentoel dan Dua Zaman yang Berbeda

Meski begitu memang adakalanya tuan rumah yang tidak memperbolehkan kita untuk merokok di ruang tamunya. Ya itu juga bisa dilihat dari dia tidak merokok, kemudian di ruang tamunya juga tidak tersedia asbak rokok. Di posisi ini, kadang meminta izin atau bertanya pun sulit.

Solusinya, menurut saya, adalah meminta izin untuk merokok di teras depan atau agak menjauh dari kerumunan orang. Kalau kemudian kita diperbolehkan merokok di ruang tamu itu, bahkan disediakan asbak, ya sudah sebats saja. Namun kalau tidak berani, ya geser keluar saja.

Jika memang kita benar-benar tidak enak untuk bertanya dan sungkan izin merokok di depan sekali pun, ya sudah bersabar dulu saja. Nanti setelah pulang barulah kita merokok di warung dekat tempat itu. Atau, ya nanti merokoknya kalau sudah sampai rumah saja.

Ingat, sebagai perokok kita harus taat asas. Jangan malah merokok ketika berkendara padahal sudah bisa membaca tanda tidak boleh merokok di ruang tamu rumah yang kita kunjungi. Kalau begitu mah sama saja bloon dong.

Baca Juga:  Di Indonesia, yang Bagus-bagus Tidak Boleh Tumbuh
Aditia Purnomo

Bukan apa-apa, bukan siapa-siapa | biasa disapa di @dipantara_adit