filter rokok

Fungsi Filter Rokok Apa Sih?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Fungsi filter sebagai bagian penting dari jenis kretek mesin tidak semua masyarakat tahu fungsinya memang. Meski, secara umum lebih diketahui sebagai penyaring kandungan yang ada pada tembakau. Kalau ditilik lebih lanjut, sebetulnya ada beberapa fungsi filter pada rokok yang dapat kita temukan dari perkembangan produk yang ada.

Sebelum itu perlu ditegaskan lagi, bahwa rokok berfilter itu pada prisipnya juga kretek. Pada golongan industrinya masuk kategori SKM alias Sigaret Kretek Mesin. Berbeda dengan SKT alias Sigaret Kretek Tangan yang dibuat tanpa menggunakan filter.

Prinsip pembedanya jelas sekali, selain pada komposisinya yang berbeda dari rokok putihan alias Sigaret Putih Mesin, produk SKT secara tampilan batangnya berebentuk konus (kerucut). Sementara SKM atau gampangnya kretek berfilter, tampilang per batangnya berbentuk silindris. Dari pangkal filter sampai ujung bakar tidaklah kerucut seperti kretek non filter, jelas dong bedanya.

Langsung pada intinya nih, fungsi filter pada rokok setidaknya ada tiga yang bisa kita ketahui. Sebagaimana yang saya dapat dari berbagai sumber, filter ini tidak semata-mata dibuat untuk sekadar pemantas belaka.

Baca Juga:  Kudus, Kota yang Hidup Bersama Kretek

Fungsi Pertama

Filter pada rokok memiliki fungsi sebagai penyaring kandungan yang terpata pada rokok. Di antaranya kandungan nikotin yang umum kita ketahui. Sebagaimana kita tahu, perkembangan penggunaan filter rokok ini baru muncul di era 70an akhir. Kemunculan rokok silindris ini lantaran permintaan pasar yang dipengaruhi oleh bentukan rokok putih yang dipandang lebih modern dibanding rokok tanpa filter.

Fungsi Kedua

Rokok yang terdapat filternya, sebetulnya berfungsi juga sebagai pembatas atau penghalang unsur tembakau terhisap masuk ke mulut. Ini menjadi penting bagi konsumen yang menginginkan produk kretek yang kalau dihisap tidak menimbulkan gangguan semacam itu. Inovasi filter pada rokok ini pada era 80an mendapatkan masa kejayaannya, dari rokok Indonesia dipelopori oleh merek-merek seperti Djarum Super dan Gudang Garam Filter.

Fungsi Ketiga

Filter pada batang rokok oleh pabrikan dijadikan sebagai medium ekspresi, penegas citra visual produk. Dengan kata lain, filter pada rokok di era modern ini difungsikan juga sebagai pembeda varian produk. Seperti yang ada di pasaran pada kurun satu dekade ini, muncul jenis-jenis filter yang tak sekadar bentukannya seperti filter pada rokok reguler.

Baca Juga:  Ciuman Dengan Perokok Itu Memang Membahayakan

Ada filter-filter rokok yang secara diameter lebih kecil, biasanya untuk jenis rokok mild, ada juga yang sama berwarna putih dengan filter mild, hanya diameternya seperti filter pada rokok reguler. Umum digunakan untuk rokok golongan bold. Kini sudah maraknya juga di pasaran, filter rokok yang digunakan untuk men-switch sensasi rasa dengan ukuran lebih slim ataupun filter yang ada unsur bolongnya.

Iya, pasar akan semakin terus menuntut pemutakhiran, meski di balik pemutakhiran itu tentu menimbulkan pertanyaan-pertanyaan baru. Dari sanalah siklus produk kebudayaan berbasis tembakau ini memunculkan berbagai varian-varian produk yang lebih modern lagi.

Ahmad Saeroji

Santri doyan ngerokok