Empat Hal Yang Bikin Kretek Super Nikmat Di Pagi Hari

Menu Buka Puasa ala Kretekus

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kretekus yang beragama Islam juga ikut puasa di bulan Ramadhan. Ya, semua umat muslim sama-sama menahan nafsu, makan dan minum mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari, termasuk juga menahan asem tentunya. Kretekus harus puasa nyebats juga sampai maghrib.

Meski dalam situasi pandemi, menjelang waktu buka puasa di beberapa daerah masih lumayan banyak orang yang lalu-lalang di jalanan, mulai dari para pekerja, ibu rumah tangga sampai orang-orang berburu jajanan takjil. Biasanya, yang mereka buru adalah makanan dan minuman yang manis-manis karena sudah jadi tradisi. “Berbukalah dengan yang manis…” katanya.

Nah, biasanya kretekus punya menu berbuka puasa yang sederhana, nggak muluk-muluk dan pastinya terjangkau. Berikut ini paket menu buka puasa ala kretekus yang sudah bertahun-tahun dilakukan.

Teh Manis Hangat

Alasan memilih teh manis karena belum sanggup beli es buah. Akhirnya pilih yang ada di dapur aja, yang penting berbuka dengan yang manis. Karena berbuka dengan yang manis-manis itu sunah. Sebagian kretekus biasanya menyiapkan teh manis hangat untuk sekadar membatalkan puasa. Konon, dalam dunia medis, teh manis dapat meningkatkan energi. Tapi bagi sebagian kretekus, minum teh manis juga berguna untuk ngenakin mulut sebelum merokok.

Baca Juga:  Raisa Himbau Perokok untuk Lebih Peduli Lingkungan

Gorengan

Setelah batalin pusasa dengan teh manis hangat, sebagian kretekus tidak terbiasa langsung makan makanan berat seperti nasi. Biar makin enak saat merokok, gorengan jadi menu wajib. Apalagi tahu goreng, beeh, enak banget. Tempe goreng juga mantul alias mantap betul. Bakwan juga enak deh. Pisang goreng juga gak kalah. Ah, pokoknya segala macem gorengan dah. Sebab, para kretekus tahu bahwa mereka harus melaksanakan ibadah salat magrib. Sebagian orang memang kurang nyaman beribadah apabila terlalu kenyang.

Rokok

Minum teh manis sudah, makan gorengan juga udah, apalagi yang kurang? Yups, rokok! Rokok adalah menu utama kretekus saat berbuka puasa. Kayak ada yang kurang aja kalau belum nyebats. Apapun kondisinya, rokok harus ada saat kretekus berbuka. Entah itu rokok teman, rokok sisa sahur, yang penting rokok. Titik.

Air Putih

Setelah menyantap gorengan, air putih adalah hal yang wajib untuk menyudahi santapan berbuka puasa bagi kretekus. Sebaik-baiknya merokok ya harus minum air putih setelahnya. Karena sudah lazim diketahui, air putih mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Selain untuk menetralisir tubuh dari berbagai macam racun yang berpotensi sebagai penyakit, air putih juga mampu menaikkan kembali ion tubuh yang hilang dan mampu meningkatkan kinerja otak para kretekus yang seharian telah terkuras untuk bekerja.

Baca Juga:  Menanti Ledakan Bom Waktu PMK 222 Tahun 2017 Tentang DBHCHT

Nah, itulah paket menu buka puasa khas kretekus. Selain sederhana, menu ini juga masih ramah bagi kesehatan tubuh. Terakhir, selamat menjalankan ibadah puasa para kretekus. Bagi kretekus yang tidak puasa, mari saling menghormati.

Komunitas Kretek

Komunitas Asyik yang Merayakan Kretek Sebagai Budaya Nusantara