merokok tetap sehat

4 Disiplin Hidup Sehat Ala Perokok

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hidup sehat mungkin bagi sebagian orang bukanlah perkara mudah untuk dilakoni. Apalagi di era serba praktis seperti sekarang ini. Banyak produk konsumsi menjanjikan kenikmatan serta layanan yang menawarkan berbagai kemudahan. Sehingga kita dimanjakan oleh hal-hal yang serba praktis tersebut. Wajar jika kemudian kita kurang banyak bergerak dan memberi dampak terhadap tubuh.

Apa ada yang salah dengan kenikmatan dan kemudahan itu? Ya tentu tidak. Semua kembali pada pilihan konsumennya. Pilihan untuk menjaga pola hidup yang seimbang. Sekali lagi untuk hidup sehat menjadi bukan perkara mudah lantaran kita abai menjaga disiplin yang menyehatkan.

Terlepas perokok atau bukan perokok, menjaga pola hidup yang seimbang tentu menjadi tantangan tersendiri. Sikap hidup yang tidak berlebihan itulah kuncinya. Untuk itu penting bagi kita untuk menjaga laku hidup yang sesuai pada porsinya. Nah, setidaknya kisi-kisi berikut ini dapat kita jadikan pengingat untuk menjaga pola hidup sehat.

Pertama, jangan abaikan kedigdayaan air putih. Minumlah air putih sehabis bangun tidur, minum air putih di pagi hari sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melancarkan metabolisme dan memberi kesegaran. Bagi perokok jangan langsung merokok dulu baru minum air putih. Jangan terbalik. Sebagai catatan, sebanyak 60% tubuh manusia terdiri dari cairan. Cairan tubuh ini berperan dalam berbagai proses di tubuh seperti pencernaan, penyerapan nutrisi, sirkulasi, hingga menjaga suhu tubuh.

Baca Juga:  Rokok Kretek, Penopang Ekonomi pada Zaman Belanda

Kedua, jangan lupa lakukan gerakan-gerakan kecil memberi porsi untuk tubuh melakukan peregangan, agar organ dan saraf kita tidak kaget dibawa aktivitas yang lebih menuntut. Senam muka di depan cermin juga perlu. Sangat bagus untuk kesegaran di wajah, agar otot-otot di wajah juga lentur dong. Beberapa orang yang melakukan kebiasaan ini memiliki pancaran wajah yang ramah loh, bosque. Contohnya saya, coba deh.

Ketiga, makan makanan yang memenuhi kebutuhan gizi tubuh Anda. Buah-buahan dan sayuran juga harus menjadi bagian dari menu makan Anda sehari-hari.

Berdasar sebuah penelitian, orang dengan tekanan darah tinggi yang mengonsumsi buah dan sayuran, serta mengonsumsi produk susu rendah lemak, membatasi asupan lemak, dapat mengalami penurunan tekanan darah. Selain itu, makin banyak jumlah rata-rata konsumsi buah dan sayuran per hari, maka peluang terjadinya penyakit kardiovaskular menjadi makin rendah. Lebih lanjut rata-rata orang yang mengonsumsi rata-rata delapan atau lebih takaran saji buah dan sayur per hari, berpeluang 30 persen lebih rendah untuk mengalami serangan jantung dan stroke.

Baca Juga:  Donor Paru-paru Perokok Bantu Pasien Kritis

Keempat, berilah kesempatan diri Anda berekreasi. Melakukan segala hal yang membuat Anda bahagia. Tak dipungkiri memang, beban kerja yang menuntut dapat membuat pikiran stress. Untuk itu ambillah waktu untuk menunaikan hobi Anda. Saat menyalurkan hobi dilakukan sambil merokok ataupun tidak, pastinya itu pilihan bebas. Asal tetap menjaga kesantunan ya, bosque.

Jibal Windiaz

anak kampung sebelah