lambang tembakau di psms medan

Inilah Beberapa Logo yang Mengandung Lambang Tembakau

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tembakau mungkin bukan tanaman asli nusantara. Meski begitu, sejarah nusantara cukup identik dengan tembakau. Di beberapa daerah, bahkan tembakau menjadi penghidupan bagi masyarakat. Hingga kemudian, ada beberapa daerah/Lembaga yang menjadikan lambang tembakau sebagai logonya.

Mau tahu apa saja, inilah beberapa di antaranya:

Kabupaten Temanggung

Ini adalah salah satu daerah penghasil tembakau terbaik di Indonesia. Banyak masyarakatnya yang juga hidup karena tanaman ini, mulai dari petani, buruh tani, pengrajin, pedagang, dan lain-lain. Sederhananya, salah satu penopang perekonomian Kabupaten Temanggung adalah tembakau.

Karena itulah, di logo daerahnya terdapat lambang tembakau bersamaan dengan komoditas lain yang menghidupi masyarakat. Ya walau ada banyak komoditas, tetepi hingga saat ini tembakau tetaplah menjadi komoditas utama yang terkenal dari Temanggung. Dan tembakau adalah tanaman yang khas sekali dengan daerah ini.

Universitas Jember

Di kampus ini, tembakau diteliti sebagai sebuah komoditas yang menghidupi masyarakat Jember. Bahkan, ada satu lembaga yang secara khusus meneliti tembakau berasal dari kampus ini. Karena itu, tidak heran lambang tembakau turut hadir di logo Universitas Jember.

Baca Juga:  Tembakau Sebagai Realitas Sosial

Sebagai daerah bekas Kawasan karesidenan Besuki, tembakau memang terkenal sebagai salah satu komoditas yang menghidupi masyarakat di sana. Bahkan, tembakau asal Jember merupakan salah satu andalan tembakau ekspor Indonesia, selain tembakau Deli. Jadi, tak heran kalau gambar daun tembakau masuk di logo universitas ini.

PSMS Medan dan Universitas Sumatera Utara

Ini adalah sebuah klub sepakbola Indonesia legendaris dari Sumatera Utara. Pemain yang dihasilkan PSMS macam Saktiawan Sinaga atau Mahyadi Pangabean bahkan pernah juga mengenakan seragam Tim Nasional Indonesia. Namun, di luar soal kisah PSMS, tahukah kalian kalau logo klub ini juga mengandung lambang tembakau?

Sejarah Sumatera Utara memang tidak bisa lepas dari sejarah tembakau Deli yang melegenda di sana. Dulu, tembakau Deli merupakan komoditas utama yang menggerakkan perekonomian daerah dan menghidupi masyarakat. Walau kini sudah bukan masa emasnya, tembakau Deli tetap dikenal dan menjadi logo bagi dua hal kebanggaan masyarakat Sumatera Utara: PSMS Medan dan Universitas Sumatera Utara.

Itulah beberapa lembaga atau daerah yang memiliki lambang tembakau di logonya. Hal ini tentu membuktikan bagaimana sejarah daerah tersebut teramat erat dengan tembakau. Walau kini tembaku kerap dimusuhi, tetapi catatan sejarah tak bisa menafikan besarnya peran tembakau bagi kehidupan masyarakat.

Baca Juga:  Sebuah Legenda yang Melintasi Waktu dan Benua  
Aditia Purnomo

Bukan apa-apa, bukan siapa-siapa | biasa disapa di @dipantara_adit