rajangan tembakau

Mengenal Istilah Rajangan dalam Dunia Kretek

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kata rajangan adalah salah satu istilah yang begitu akrab di dunia kretek. Mulai dari petani hingga pabrikan biasa menggunakannya, bahkan buat para konsumen, istilah ini pun cukup akrab di telinga. Karena tanpa istilah ini, tidak akan tercipta yang namanya kretek dan tak akan ada kretekus.

Secara kebahasaan, rajangan berasal dari kata dasar rajang yang berarti iris atau memotong tipis-tipis. Dalam dunia kretek, rajangan dikenal untuk tembakau yang diiris tipis-tipis untuk menjadi bahan baku kretek. Tidak hanya tembakau, cengkeh yang juga menjadi bahan baku kretek pun terhitung dirajang dulu sebelum digunakan.

Pada prosesnya, daun tembakau yang sudah dipetik, kemudian diperam atau difermentasikan terlebih dahulu selama beberapa hari. Setelah selesai proses tersebut, barulah daun tembakau tersebut dipotong iris tipis-tipis hingga kemudian dijemur untuk mendapatkan kualitas terbaiknya.

Proses pemotongannya tembakau bisa dilakukan dengan cara manual atau menggunakan mesin. Jika manual, biasanya menggunakan gobang (pisau yang sangat tajam terbuat dari baja murni). Sementara, penggunaan mesin ya pakai mesin perajang. Namanya juga mesin bos.

Baca Juga:  Hawu Lalahe, Rokok Pusaka Masyarakat Gorontalo

Barulah setelah dirajang, tembakau iris itu diletakkan di atas rigen atau semacam alas dari anyaman bambu sebagai tempat untuk menjemur tembakau. Rata-rata besarannya berkisar pada ukuran 80×200 cm. Setelah dijemur inilah baru kemudian tembakau bisa dijadikan bahan baku produksi atau bahkan langsung dikonsumsi.

Di dunia kretek, istilah rajangan ini tidak berlaku hanya untuk tembakau melainkan juga untuk cengkeh. Bedanya, jika tembakau yang sudah dirajang baru dijemur, maka di untuk cengkeh hasil panennya dijemur dulu barulah ketika dirajang. Kurang lebih begitu bedanya.

Seperti saya jelaskan di atas, tembakau atau cengkeh rajangan bisa dikonsumsi langsung tentu dalam bentuk lintingan kretek. Tentu serapan paling besarnya untuk bahan baku produksi rokok kretek. Namun, bagi pecinta tingwe, Anda bisa menemukan rajangan keduanya di pasaran untuk jadi bahan tingwe Anda.

Aditia Purnomo

Bukan apa-apa, bukan siapa-siapa | biasa disapa di @dipantara_adit