Merek Rokok Populer dan Kembarannya

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Merek rokok di Indonesia ada beragam. Setiap perusahaan rokok punya produk turunan dengan berbagai nama dan kemasan. Dari berbagai macam produk rokok, ada beberapa yang menggunakan nama hasil pelesetan dari merek rokok populer.

Ada pula yang punya nama jauh berbeda, tapi identik pada kemasan dan rasa. Berikut adalah tiga rokok yang merupakan pelesetan dan/atau kembaran dari merek rokok lain.

Rokok Gudang Baru

Dari namanya anda pasti bisa menebak bahwa Gudang Baru adalah pelesetan dari Gudang Garam. Konon kedua merek rokok ini memang sempat bersengketa. Kendati begitu, Gudang Baru, produk dari pabrik rokok asal Kepanjen, Malang, tetap melakukan produksi.

Salah satu produk Gudang Baru, yakni Gudang Baru International, punya kemasan yang sekilas mirip dengan Gudang Garam International. Tapi, lebih mirip dengan Gudang Garam Surya 16. Pilihan warna dasar, ornamen, serta jenis huruf yang digunakan pasti akan mengingatkan kita pada produk Gudang Garam, alias kembar, cuy!

Soal rasa, rokok ini memang mirip dengan Gudang Garam. Ya, pedas-pedas nampol gitu.

Baca Juga:  Soekarno dan Rokok

Rokok Tuton SPR

Mungkin tak banyak yang tahu merek rokok ini. Tapi rokok ini cukup mudah ditemukan di wilayah Yogyakarta dan Semarang. Dari namanya, Tuton termasuk nama yang cukup unik dan bukan pelesetan dari brand kenamaan. Tapi, secara tampilan, rokok ini sangat identik dengan Djarum Super.

Kalau diperhatikan sih tidak sama persis. Warna dasar bungkusnya dominan merah dan hitam, mirip dengan Djarum Super. Tulisan “Tuton SPR” juga berwarna emas. Tapi, jenis huruf yang digunakan jauh berbeda. Ya, masih bisa dibilang kembar.

Soal rasa, keduanya cukup mirip. Tapi harga tak bisa bohong. Kualitas tembakau Djarum Super jelas lebih premium dari Tuton.

Rokok Dalill

Nah, merek rokok yang terakhir ini merupakan pelesetan dari produk Bentoel Group, yakni Dunhill Mild. Dari penulisan namanya sih seolah jauh, tapi pelafalan namanya jelas identik. Dalill. Dunhill. Mirip.

Dari kemasan juga nampak sangat mirip. Apalagi, di depan tulisan “Dalill” ada logo berbentuk huruf D sebagaimana yang terdapat di kemasan Dunhill Mild. Warna dasar, corak, serta jenis huruf yang digunakan pun persis. Bisa dibilang rokok Dalill adalah rokok Dunhill yang reject dalam pengemasan. Kira-kira begitu.

Baca Juga:  Review Rokok Manchester, Diimpor Langsung dari Inggris

Oh iya, rokok Dalill itu ilegal. Sudah banyak penyitaan produk ini.

Nah, itulah tiga rokok yang punya kemiripan dengan merek populer. Sebenarnya masih ada banyak lagi. Tapi nanti kepanjangan. Malas juga sih. Cukup tiga saja. Selebihnya silakan tambah sendiri, gaes!

Aris Perdana

Manusia yang dikutuk untuk bebas | @arisperd