Pipa rokok

Mitos Seputar Pipa Rokok Tanduk Rusa

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Penggunan pipa rokok tanduk rusa untuk menikmati tembakau kerap berkaitan erat dengan mitos-mitos akan khasiatnya. Diketahui sejak lama, penggunaan pipa untuk menikmati tembakau ataupun rokok umumnya berasal dari kayu, tulang dan tanduk hewan.

Tak perlu heran jika di mayarakat Indian, suku asli benua Amerika, dikenal istilah pipa perdamaian. Pipa perdamaian suku Indian diketahui terbuat dari kayu yang diberi hiasan bulu burung rajawali dan hiasan lainnya serta ukiran khas.

Menurut literatur yang ada, benda ini disebut chanunpa. Artinya, penggunaan pipa untuk menikmati tembakau ini memiliki nilai simbolik. Namun seiring perkembangannya, dengan munculnya industri rokok, bermunculan pula cara-cara untuk menikmatinya. Termasuk menggunakan pipa rokok tanduk rusa yang dipercayai kalangannya.

Penggunaan pipa yang berasal dari tanduk hewan yang terancam punah akibat perburuan liar ini, sama persoalannya dengan yang terjadi dengan perburuan gading gajah. Ada mitos-mitos yang masih dipercaya para pengguna pipa dari organ hewan-hewan langka ini.

Adapun mitos penggunaan tanduk rusa kaitannya dengan hal-hal yang bersifat klinis. Dua peneliti asal New Zealand, James M Suttie PhD dan Stephen Harris PhD, mengungkapkan khasiat ekstra tanduk rusak untuk banyak kegunaan, terutama yang berhubungan dengan tulang dan stamina.

Baca Juga:  Review Rokok Minak Djinggo Rempah, Ini Rokok Apa Jamu?

Misalnya, bisa digunakan untuk mengobati gangguan pada osteoporosis, gangguan pada otot, gangguan pada anemia, gangguan pada tekanan darah, dan gangguan pada ageing.
Dari hasil penelitian keduanya, ternyata ekstrak tanduk rusa itu mengandung mineral penting (trace element) yang bermanfaat untuk memperbaiki kualitas darah, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan sistem saraf pinggir.

Selain itu, senyawa poliamin yang dikandungnya dapat meningkatkan sintesa protein dan beberapa faktor pendorong pertumbuhan (growth factor) untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Juga terdapat neurotropin-3 untuk meningkatkan fungsi sistem saraf.

Semua khasiat pada tanduk rusa pada pemanfaatannya melalui hasil ekstraksinya, biasanya dalam bentuk bubuk. Entah kenapa, sebagiaan besar pengguna pipa rokok tanduk rusa juga mempercayai manfaat yang sama saat digunakan sebagai alat hisap rokok.

Namun, sebagian lainnya mempercayai juga mitos tentang kewibawaan dan citra kelas. Secara gitu loh, tanduk rusa—hewan yang disimbolkan sebagai teman perjalanan yang mengantar niat mulia Santa Klaus. Bagi saya, para pengguna pipa rokok dari tanduk ini terbilang tak ramah terhadap kelestarian lingkungan. Tiada maksud mendiskreditkan pilihan dan hal-hal yang terlanjur dipercaya masyarakat.

Baca Juga:  Menyelamatkan Cengkeh Lewat Industri Kretek
Jibal Windiaz

anak kampung sebelah