Ternyata Ini Efek Merokok Bagi Tubuh

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Berbicara tentang efek merokok, selama ini ada begitu banyak artikel yang membahas soal bahayanya bagi kesehatan. Maklum, sejauh ini artikel tentang rokok memang terlalu banyak ditulis oleh orang kesehatan. Sementara, hanya sedikit yang membahas dari sudut pandang lain.

Meski begitu, tahukah anda ternyata merokok juga memberikan efek positif bagi tubuh. Setidakya, itulah hal yang dirasakan oleh para perokok yang sempat saya wawancarai. Dari sekian banyak efek merokok terhadap tubuh, berikut adalah beberapa di antaranya.

Membuat rileks

Satu efek dari merokok yang biasanya sering disebut oleh perokok tentu saja agar membuat mereka jadi lebih rileks. Ini adalah pemahaman umum di kalangan perokok, bahwa dengan sebats mereka bisa jadi sans alias santai. Setelah seharian diperas keringat oleh kapitalis, penyegaran diri dilakukan dengan cara merokok.

Memang rokok menjadi salah satu alternatif hiburan murah bagi masyarakat. Ya nggak murah-murah amat sih sebenarnya, tapi ketimbang sarana hiburan lain, ya masih lebih murah rokok lah. Karena itu, membuat rileks menjadi peringkat pertama efek merokok bagi tubuh.

Baca Juga:  Kiat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Membangkitkan Semangat

Hal kedua yang yang biasanya dirasakan perokok tatkala sebats adalah membangkitkan mood atau semangat. Coba deh itu, orang-orang yang biasanya lagi stres pas kerja, kalau udah mentok biasanya merokok dulu baru melanjutkan aktivitas. Malah nggak jarang sih orang sebats sambil kerja biar aktivitasnya lancar.

Hal macam begini biasanya dilakukan oleh temen-temen yang kerja di lapangan atau temen-temen yang kerjanya nggak di kantor. Bisa kerja sambil mimik kopi terus sebats kan enak tuh ya. Tapi ya namaya nasib pekerja kantoran, kalau mau sebats ya saya kudu nunggu jam istirahat dulu.

Menghilangkan Rasa Kantuk

Bagi sebagian orang, merokok dinilai mampu menghilangkan rasa kantuk. Karenanya, tak jarang supir-supir antar kota antar propinsi yang memilih sebats tatkala di kendaraan. Selama buang abu dan puntungnya di asbak dalam mobil sih hal kayak gini diperbolehkan.

Meski begitu, tentu lebih baik kita berhenti sejenak di rest area atau tempat apa saja untuk istirahat sebentar sembari sebats-sebats cantik ditemani secangkir kopi. Nanti kalau udah segeran dikit, barulah dilanjut lagi. Ternyata, efek merokok bagi para perokok bermanfaat juga ya.

Baca Juga:  Pabrik Rokok Terbesar di Indonesia yang Terus Eksis
Aditia Purnomo

Bukan apa-apa, bukan siapa-siapa | biasa disapa di @dipantara_adit