diskon rokok

Fenomena Beli Rokok Online di Tahun 2020

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Seperti halnya tahun yang terus berganti, ada tren juga yang terus berubah. Sebelum memasuki ke tahun yang baru dan bergeser kepada tren yang baru pula, mari kita kembali mengingat apa yang familiar di tahun lalu. Yaps, fenomena beli rokok online di tahun 2020 adalah salah satu tren yang begitu populer.

Mengapa beli rokok online jadi satu hal yang populer di 2020? Saya rasa ada beberapa hal yang membuat hal itu terjadi. Semua hal tersebut berujung pada satu peristiwa yang sepanjang tahun menyelimuti yaitu menyebarnya virus Covid-19.

Mewabahnya virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok ini membuat banyak umat manusia menjadi terbatas pergerakannya. Akibatnya dalam beberapa bulan kita tak mampu untuk sering bepergian ke luar rumah, bahkan hanya untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari sekali pun.

Dilansir dari situs katadata.co.id bahwa hasil riset Facebook dan Bain & Company menunjukkan, 44% konsumen di Asia Tenggara, yang merupakan pengguna internet, berbelanja bahan pokok secara online selama pandemi corona.

Baca Juga:  Strategi Djarum Super dan Sampoerna Mild 50 Batang untuk Merebut Pasar Ketengan

Berbelanja melalui media sosial meningkat 35% dibanding sebelum pandemi Covid-19. Lalu, melalui video streaming tumbuh 35%, aplikasi percakapan seperti WhatsApp 30%, e-commerce 23%, dan pesan-antar makanan seperti GoFood dan GrabFood naik 17%.

Data tersebut sebenarnya menjadi pendukung fakta bahwa fenomena beli rokok online di tahun lalu menjadi sesuatu yang populer. Beruntungnya juga banyak platform e-commerce di Indonesia yang memang tak melarang pedagangnya untuk menjual rokok.

Selain karena keterbatasan aktivitas akibat covid-19, fenomena beli rokok online juga dipengaruhi oleh banyaknya festival dan promo belanja online di 2020. Satu festival yang paling besar adalah hari belanja online nasional yang kita tahu menjadi acara tahunan yang tak bisa dilewatkan.

Siapa yang tak tergiur dengan promo potongan harga serta biaya ongkos kirim yang gratis? mungkin hanya platform e-commerce yang mampu menyediakan itu ketimbang toko kelontong konvensional.

Dengan beli rokok online kita juga bisa dapat menemukan berbagai macam merek rokok yang mungkin tak tersedia di toko kelontong biasa. Rokok-rokok impor dengan rasa premium pun bisa kita dapatkan walau harus merogoh kocek agak dalam.

Baca Juga:  Kertas Rokok Royo, Ekonomis dan Berkualitas

Sekiranya fenomena beli rokok online tak hanya akan berhenti di 2020. Justru tren akan terus tumbuh dan menjadi budaya dan tradisi baru dalam masyarakat di Indonesia.

Indi Hikami

TInggal di pinggiran Jakarta