rokok wismilak

Mengenal Ragam Produk Rokok Wismilak

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pilihan rokok emang susah untuk setia. Kretek yang murah sulit untuk ditolak. Sampoerna bukan hanya satu-satunya produk dari Kota Surabaya. Jangan lupa kalau di sana juga ada rokok Wismilak. Eeaaaaa!

Gara-gara nonton tiktok saya jadi keranjingan bikin pantun. Inget Kota Surabaya juga saya jadi pengen menghisap rokok Wismilak. Ndalalah, pas mau beli di warung ternyata banyak banget variasinya. Rasanya juga enak-enak kok, tapi kembali lagi tergantung selera anda.

Tiga tahun sebelum Gerakan 30 September 1965 terjadi, pabrik Wismilak berdiri. Terletak di Kota Pahlawan, perusahaan ini bernama Gelora Widjaja. Saya masih bingung, kenapa di Surabaya suka dan banyak banget yang menggunakan kata ‘gelora’. Emang sih semangat kepahlawanan dan keberanian orang di sana tinggi banget.

Wismilak baru menjadi perusahaan terbuka pada 1994 dengan nama PT Wismilak Inti Makmur. Dari 1962, 1994, hingga sekarang ini udah banyak banget rokok yang dibuat oleh mereka. Sigaret Kretek Tangan (SKT), Sigaret Kretek Mesin (SKM), cerutu, namun sepertinya mereka ga pernah bikin rokok putihan.

Baca Juga:  Nitisemito, Tjap Bal Tiga, dan Pembuka Zaman Industri Kretek

Setelah saya telusuri ada beberapa merek rokok SKT yang mereka buat, yaitu Wismilak Spesial, Wismilak Slim, Wismilak Satya, Wismilak Dirgha, dan Galan Kretek. Sedangkan merek-merek rokok SKM adalah Wismilak Diplomat, Diplomat Mild, Diplomat Mild Menthol, Diplomat Evo, Diplomat Impact, Galan Filter Internasional.

Soal cerutu, Wismilak punya produk seperti Wismilak Premium Cigars dan Wismilak Premium Seleccion. Kedua produk cerutu tersebut konon sudah memasuki pasar internasional.

Jujur, saya menyukai beberapa produk mereka seperti Wismilak Diplomat yang punya ciri khas tersendiri ketimbang kretek kebanyakan. Rasanya nendang dan juga memiliki wangi yang gurih. Sensasi rokok ini pedas dan mungkin cocok sekali dihisap sebagai teman berpikir.

Apalagi bentuk batangnya yang keren dan saya rasa jadi salah satu yang terbaik di tanah air. Tak salah jika kemudian rokok Diplomat adalah rokok unggulan dari pabrik dengan laba keuntungan 43,6 miliar per tahun tersebut.

Produk rokok Wismilak juga banyak tersebar di daerah-daerah. Walau patut diakui juga penikmatnya tak sebanyak merek-merek rokok top di Indonesia. Namun, kehadirannya mampu menjadi pewarna dunia kretek di nusantara.

Baca Juga:  Tembakau Sebagai Realitas Sosial

Jadi, produk Wismilak mana yang paling anda sukai?

Indi Hikami

TInggal di pinggiran Jakarta