dilarang merokok
Ragam

Apa manfaat rokok yang semua orang rasakan?

Don’t judge the book by its cover. Itu berlaku pada banyak hal, termasuk pada kampanye antirokok. Kalau sudah sampai terhasut bisa-bisa kamu bakal gelap mata dalam melihat rokok. Meragukan kontribusi rokok dan bahkan paling parah adalah menepikan semua manfaat rokok bagi orang banyak. Jangan sampai begitu!

Dalam hidup kita harus jernih betul dalam melihat sesuatu, tak terkecuali menyikapi persoalan rokok. Saya tidak habis pikir bagaimana bisa barang ini seolah-olah menjadi produk yang harus dijauhi oleh masyarakat dan peradaban manusia. Padahal manfaatnya ada dan jelas nyata.

Pertama, para perokok yang paling tahu manfaat rokok yang paling bisa dirasakan. Jika anda tanya kepada para perokok, jawaban mereka sudah pasti dan paling banyak adalah rokok memberi manfaat untuk menghilangkan stres.

Manfaat selanjutnya dari rokok bagi para perokok adalah dapat menjadi pemicu meningkatnya produktivitas. Bagi para pekerja seni atau sektor informal lainnya, rokok dapat memacu otak mereka untuk berpikir kreatif dan melahirkan karya-karya baru.

Baca Juga:  Review Rokok Insta, Layak untuk Dicoba

Lantas apa manfaat rokok bagi banyak orang? Ada banyak juga jawabannya kok! Pertama, secara langsung cukai rokok berkontribusi pada ekonomi negara, khususnya Indonesia. Dalam beberapa kasus, cukai rokok terbukti mampu membantu kondisi ekonomi bangsa yang sedang tidak stabil.

Industri hasil tembakau di Indonesia yang sangat besar pun berkontribusi terhadap terbukanya lowongan pekerjaan. Anda bayangkan saja lowongan pekerjaan itu bukan hanya di sektor produksi semacam buruh linting, tapi juga banyak sektor lainnya, salah satunya adalah di bagian promosi seperti SPG dan sebagainya.

Kementerian Perindustrian mencatat, total tenaga kerja yang diserap oleh sektor industri rokok sebanyak 5,98 juta orang, terdiri dari 4,28 juta adalah pekerja disektor manufaktur dan distribusi, serta sisanya 1,7 juta bekerja di sektor perkebunan.

Belum lagi betapa bermanfaatnya rokok bagi para petani tembakau. Jerih payah mereka dalam menanam tembakau bahkan sampai mampu menghidupi keluarga dan menyekolahkan anak-anak mereka ke jenjang pendidikan yang tinggi.

Belum lagi industri hasil tembakau juga banyak memberikan beasiswa bagi pelajar di Indonesia untuk bisa mengenyam pendidikan hingga jenjang yang tinggi. Tak hanya beasiswa untuk pelajar, program untuk mendukung olahraga di Indonesia pun sudah banyak digelontorkan dari industri rokok.

Baca Juga:  Ini Bukan Cafe, Ini Warung Kopi

Jadi, nikmat rokok mana lagi yang kamu dustakan?

Penulis di Komunitas Kretek