kenapa orang merokok
Ragam

Kenapa Orang Merokok Buang Puntung Sembarangan?

Membuang puntung rokok sembarangan adalah salah satu hal yang membuat aktivitas merokok tidak disukai masyarakat. Kadang, saya sendiri heran, kenapa orang merokok kerap kali membuang puntung sisa rokok mereka sembarangan, dan tidak pada tempatnya. Hal ini kemudian terjawab dengan melihat aktivitas masyarakat Indonesia secara lebih luas.

Mau diakui atau tidak, kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan menjadi salah satu alasan kenapa orang merokok kerap membuang puntung rokok sembarangan. Mengingat, apa pun sampahnya, buangnya sembarangan itu menjadi salah satu hal yang melekat erat dengan masyarakat. Jadi, ketika orang suka buang sampah sembarangan, puntung rokok pun akan dilakukan demikian.

Hal ini bisa dilihat dari kebiasaan para perokok yang biasa membuang sampah pada tempatnya. Bagi mereka, apa pun sampahnya, buangnya ya pada tempatnya. Entah itu tempat sampah, atau tempat lainnya. Pada konteks puntung pun begitu, orang dengan kebiasaan itu bakal membuang puntung rokok pada tempatnya.

Ketika kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya telah dimiliki, maka ketika Ia merokok, puntung rokok yang dimiliki pun akan dibuang pada tempatnya. Sebaliknya, jika pun Ia tidak merokok, apa pun yang dikonsumsinya bakal dibuang sembarangan, sebagaimana mental yang dimilikinya.

Baca Juga:  Review Rokok LA Menthol, Lebih Superior dari Kompetitor

Jika aktivitas merokok telah selesai, perokok bakal membuang puntung rokok di asbak atau tempat sampah. Kalau belum nemenukan tempat sampah atau asbak, maka mereka biasanya akan menyimpannya terlebih dahulu baru kemudian dibuang. Atau, jika mereka perokok santun yang siaga, mereka bakal membawa asbak portabel agar tak membuang puntung sembarangan.

Mental seperti ini menjadi penting dalam kebutuhan Indonesia. Bukan sekadar puntung rokok, tapi semua sampah memang harus dibuang pada tempatnya. Karena sampah adalah sampah, jika dibuang sembarangan Ia bakal mengganggu kehidupan masyarakat.

Jadi, sebenarnya yang menjadi alasan mendasar kenapa orang merokok itu sebagian di antaranya membuang puntung rokok sembarangan, ya karena mental mereka memang begitu. Bukan hanya puntung, tapi mereka memang membuang seluruh sampah secara sembarangan. Nggak ada soal perokok atau tidak, jika mentalnya begitu, semua pasti dibuang sembarangan.

Penulis di Komunitas Kretek

You might also like