Press ESC to close

Mari Membandingkan Rokok Win dan Twizz

Akhir-akhir ini popularitas rokok kretek dengan kapsul rasa buah semakin naik. Tren ini dimulai oleh produsen rokok asal Korea Selatan lewat Esse yang kemudian makin dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Banyak produsen rokok dalam negeri yang kemudian mengikuti tren ini dengan mengeluarkan rokok kretek berkapsulnya sendiri. Rokok Win dan Twizz adalah beberapa contoh rokok kretek berkapsul yang belakangan menarik perhatian saya. Win Click Berry Capsule dan Twizz Royal Crush lebih tepatnya.

Rokok Win dan Twizz sama-sama berasal dari Jawa Timur. Win Click Berry Capsule diproduksi oleh CV Megah Sejahtera dari Malang, sedangkan Twizz Royal Crush diproduksi oleh PT Putera Jaya Sakti Perkasa dari Bojonegoro. Kesamaan lainnya dari rokok Win dan Twizz adalah keduanya sama-sama masuk dalam SKM golongan II yang bisa diidentifikasi dari warna pita cukai pada kemasannya. Meskipun hanya masuk dalam SKM golongan II dengan produksi kurang dari tiga miliar batang per tahun, soal kualitas, kedua merek tersebut tidak main-main. Kualitasnya bahkan bisa bersaing dengan SKM berkapsul golongan I yang sudah ada.

rokok win

Masih ada kemiripan yang lain dari Rokok Win Click Berry Capsule dan Twizz Royal Crush. Dari segi kemasan, keduanya punya warna dasar yang sama, ungu. Kalau menurut saya, pemilihan warna ungu sebagai warna dasar ini tak lebih dari sekadar strategi pemasaran saja. Sebab, warna ungu sedang naik daun saat ini. Banyak brand-brand besar mengeluarkan varian warna ungu untuk produknya. Apalagi untuk produk rokok, tidak banyak yang memakai warna ungu sebagai warna dasar kemasannya. Hal ini membuat Rokok Win dan Twizz terlihat berbeda dan unik sehingga menarik perhatian orang untuk mencoba.

Baca Juga:  Melestarikan Tembakau Deli

Dari segi harga, Win Click Berry Capsule berada di kisaran harga Rp 25.000 per pak isi 20 batang, sedangkan Twizz Royal Crush dibanderol dengan harga Rp 21.500 per pak isi 16 batang. Harga yang relatif terjangkau apalagi jika dibandingkan dengan kompetitornya seperti Esse Berry Pop. Harga ini juga yang jadi poin menarik dari rokok Win dan Twizz.

Sekarang mari kita bandingkan rasa dari kedua rokok ini. Dimulai dari Win Click Berry Capsule. Sebelum dibakar, tidak terasa aroma berry sama sekali. Aromanya cenderung polos, mirip aroma Win Mild biasa. Begitu juga saat rokok mulai dibakar, belum ada rasa berry yang terasa dalam rongga mulut. Hanya ada rasa dingin yang relatif lemah dan akan makin lemah di hisapan berikutnya sebelum kapsulnya ditekan.

Saat kapsulnya ditekan, rasa dari rokok Win Click Berry ini langsung berubah drastis. Rasa berry yang kuat langsung terasa. Rasa buahnya didominasi oleh rasa blueberry dengan sensasi menthol yang tipis saja. Yang unik dari rokok Win ini adalah penempatan kapsulnya. Jika biasanya kapsul diletakkan di tengah atau atas filter, kapsul pada Win Click Berry diletakkan sedikit di bawah filter dekat ujung hisap. Mungkin inilah yang menyebabkan rasa berrynya begitu kuat saat kapsulnya sudah pecah.

Kemudian kita lanjutkan dengan Twizz Royal Crush. Berbeda dengan Win Click Berry, aroma manis buah-buahan pada Twizz Royal Crush sudah bisa tercium bahkan sebelum rokok dibakar. Rasa manis itu juga terasa saat rokok mulai dibakar. Rasa manis yang lebih terasa seperti manis madu alih-alih manis buah-buahan. Tidak terasa sensasi dingin saat dihisap, malah saya rasa asapnya memberikan sensasi hangat dalam rongga mulut. Sensasi yang saya dapatkan sebelum kapsulnya ditekan tidak jauh berbeda dengan menghisap rokok mild pada umumnya.

Baca Juga:  Ada Pesan Simbolik dari Sebatang Rokok yang Dibalik

Rasa Twiz Royal Crush baru berubah setelah kapsulnya ditekan. Kapsulnya memberi tambahan rasa berry dan buah-buahan dengan sedikit rasa dingin. Rasa manisnya juga semakin menguat di tarikan-tarikan berikutnya. Untuk penempatan kapsulnya, Twiz Royal Crush mencoba bermain aman dengan meletakkan kapsul di bagian atas filter seperti rokok kapsul pada umumnya.

Begitulah perbandingan Win Click Berry dan Twizz Royal Crush secara umum. Keduanya hadir sebagai SKM berkapsul rasa berry dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Tidak ada inovasi yang menonjol dari segi kemasan maupun rasa. Namun bagi saya pribadi, Win Click Berry punya poin lebih lewat peletakan posisi kapsulnya yang tidak lazim. Mungkin inilah yang disebut sebagai posisi menentukan prestasi. Bagi kalian yang ingin mencari alternatif SKM kapsul rasa berry dengan harga terjangkau, tidak ada salahnya untuk mencoba rokok Win dan Twizz ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *