GG Shiver
Featured

GG Shiver, Salah Satu Kesuksesan Gudang Garam

Kalau ada hal yang pantas disebut sebagai kemenangan besar bagi Gudang Garam di era 2000, maka GG Shiver atau Gudang Garam Shiver adalah salah satunya, terlebih ini produk unggulan di genre menthol. Produk yang di situs resmi Gudang garam disebut sebagai “GG Family” ini adalah inovasi baru di kelas LTLN (Low Tar Low Nicotine) dengan teknologi yang mampu “menampar” pemain-pemain besar di kelas LTLN Menthol.

Sebelum masuk ke penjelasan kenapa merek ini berbahaya bagi pesaingnya, kita segarkan ingatan sebentar di sekitar tahun 2014-2015, saat sebuah produk dari pabrikan asal Kediri ini mengagetkan pasar dengan kemunculan GG Mild Shiver. Rokok mild menthol di era ini bisa dikatakan kurang memiliki diferensiasi dalam mengaplikasikan menthol pada produknya.

Mild menthol kala itu mengaplikasikan dengan dua cara; yaitu mencampur lelehan menthol crystal dengan blend dari rokok dan beberapa merek lain melapisi foil pada rokok dengan lelehan menthol crystal, metode terakhir ini bisa dikatakan cara yang paling efisien untuk menghantarkan sensasi menthol pada rokok, khususnya rokok kretek.

Tapi Gudang Garam mencoba mendobrak hal tersebut dengan mengaplikasikan rasa dingin di dengan menthol fiber technology. Fitur ini menggunakan menggunakan metode benang atau dinamakan juga dengan Filamen, salah satu fungsi utama filamen yang saya cari di Google adalah “menjaga bentuk sel agar tetap stabil, tidak berubah-ubah.”. 

Kalau konteksnya rokok, saya berasumsi fungsi Filamen ini menjaga kestabilan citarasa, kalau dia menghantarkan citarasa seperti madu, apel, anggur atau menthol di dalam sebatang rokok, maka rasa yang diberikan akan tetap stabil hingga akhir, kalaupun mengalami penurunan sensasi atau aromatik, maka persentasenya tidak akan terlalu banyak seperti yang dialami oleh merek lain di kelas aromatik atau menthol. 

Apapun alasan dan pertimbangan menggunakan inovasi itu, GG Mild Shiver cukup sukses di pasaran, hingga akhirnya metode yang sama digunakan kembali di produk yang menurut saya adalah rebrand dari GG Mild Shiver, yaitu GG Shiver. 

Desain maskulin dan Rasa Menthol yang Stabil

bungkus gg shiver

Kita mulai dari dalam, batang rokok ini dibuat sederhana dengan menonjolkan warna putih polos dari ujung bakar hingga filter, tidak ada garis batas antara filter hisap dan batang bakar seperti rokok pada umumnya, hanya ada logo GG di salah satu sisi filter, dan di sisi sebaliknya ada tulisan Shiver dengan ukuran font yang lebih kecil, keduanya diberi warna Royal Blue atau Midnight Blue. Kertas Grenjeng yang semula berwarna perak di GG Mild Shiver kini berganti dengan warna hitam.

Sementara kemasan bungkus GG Shiver mendapat sentuhan lebih maskulin sekaligus elegan dengan dominasi warna hitam dibungkusnya, di bagian depan kemasan ada lingkaran logo dengan warna Emerald Green bercampur Royal Blue dan Midnight Blue yang kemudian diberi sentuhan gradasi hingga samar terlihat huruf “G” di lingkaran itu. Lalu merek GG Shiver tertulis di tengah-tengah logo “G” tadi. Warna Emerald Green ini juga menjadi warna dominan di produk terdahulu; GG Mild Shiver.

Baca Juga:  Rokok Daun Talas Menyimpan Potensi dan Risiko Sekaligus

Masih di bagian depan kemasan, ada seperti logo tambahan yang bertuliskan “Menthol Fiber”, seperti menjelaskan teknologi atau metode yang digunakan oleh GG Shiver. Logo tambahan itu kemudian ada lagi di bagian belakang kemasan dengan ukuran lebih besar dan dilengkapi kalimat penjelasan; “A Menthol fiber technology that gives you consistent cool stream”. Seperti yang saya katakan di awal tentang Filamen, GG Shiver berani menjamin konsistensi dingin dengan metode yang mereka gunakan.

Benar saja, saya menghisap rokok ini sampai 5 batang selama kurang lebih 1 jam saat menulis ini dan menghasilkan sebuah konsistensi menthol yang pas bagi saya. Sensasi dingin yang diberikan memang tidak sedahsyat pesaingnya, tapi konsistensi “dingin” yang diberikan sejak pertama kali rokok terbakar hingga sampai di batas antara batang hisap dan batang bakar tetap istimewa. Kalau harus memberi nilai dengan skala 1 sampai 5, maka GG Shiver sejak terbakar di awal dinginnya ada di angka 5, saat menjelang habis angkanya relatif stabil, berkisar di angka 4 sampai 4,5. 

Tidak seperti menthol lain yang angkanya mungkin bisa berkurang hingga 1 atau 2, bahkan ada yang sampai menyentuh angka 3, tentu itu efek bakaran kompleks dari rokok kretek. Ya, rasanya tidak mudah meracik rokok kretek dengan sentuhan menthol sehingga citarasanya tetap memiliki sentuhan lokal sekaligus memiliki sensasi mancanegara, kalau kalian membandingkan rokok kretek menthol dengan rokok putih menthol maka itu tidak akan sesuai. 

Citarasa Khas Gudang Garam

tembakau gg shiver

Gudang Garam, di produk-produknya selalu memiliki sentuhan khas yang bisa menyambungkan ingatan citarasa para penikmatnya sehingga setiap orang yang menghisap produk mereka akan berkata; “oh, ini mirip rasa Gudang Garam merek A dan D. Ada sentuhan merek D yang dominan, sekilas aroma A dan C muncul bersamaan”. Rasa manis, gurih, kelat, serta aroma bakar khas Gudang Garam mampu membangkitkan memori cukup baik kepada sebagian besar ahli hisap yang menikmati GG Shiver.

Di dalam sebatang GG Shiver ada sedikit citarasa dengan manis milik Signature Mild, aromatik lembut milik Gudang Garam Signature (hitam) yang tidak setajam Gudang Garam Surya atau Gudang Garam International, sekaligus ada hisapan lembut milik GG Mild dan Pro Mild setiap kali kita menghisap rokok ini sejak pertama dibakar. 

Sebelum terbakar, aroma mint bisa kita cium saat mendekatkan batang rokok ini ke hidung. Lalu aroma mint akan semakin kuat apabila penciuman kita sampai ke filter milik GG Shiver. Aroma manis yang keluar dari batang rokok khas Gudang Garam masih bisa tercium walaupun tidak terlalu kuat ketika menghirupnya dari ujung bakar hingga batas filter.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Rokok Kemping Paling Asik

Tidak ada sensasi “berat” saat menghisap ini walau ada kemiripan rasa dari merek-merek Gudang garam yang saya sebut tadi, saya menyelesaikan sebatang GG Shiver dengan 15-20 kali hisapan tebal setiap kali menghisapnya sampai habis, dan seperti sedang menikmati suguhan cemilan kue kering Putri Salju. Tanpa terasa sudah habis banyak, dan masih ingin tambah lagi. Gurih, lembut, wangi, manis, dingin, sedikit bourbon dan berry muncul di setiap kali asap hisapan dan hembusan lewat melalui rongga mulut dan hidung.

GG Shiver: Rokok Favorit dan Harga Yang Sesuai

batangan gg shiver

Kali ini saya tidak ditemani minuman hangat atau minuman manis seperti biasanya, hanya 2-3 gelas air putih sebagai teman saya untuk memberikan penilaian ke merek ini. Saya belum pernah benar-benar jatuh cinta kepada genre rokok kretek menthol walaupun saya cukup sering menghisap ESSE Honey POP atau L.A Purple Boost, 2 merek yang mencuri perhatian saya.

Tapi dengan mencicipi GG Shiver, sepertinya daftar rokok selingan favorit saya akan bertambah, dan lagi-lagi dari Gudang Garam. Sebelumnya saya pernah menulis mengenai Signature Mild yang cita rasanya cukup membekas sampai sekarang, tentu sebagai selingan di tengah rasa bosan yang kadang muncul ketika menghisap rokok kretek full flavour.

Rokok ini saya tebus di warung kelontong seharga Rp. 32,000, di pita cukainya tertulis harga jualnya Rp. 30,500, sementara di beberapa penjual di marketplace rokok ini dijual perbungkus berkisar antara 30-33 ribu. Harga pantas untuk rokok kretek kelas mild premium yang menggunakan teknologi menthol fiber atau benang menthol.

Perpaduan rasa mild yang halus dengan rasa dingin yang tepat sepertinya sebuah jawaban yang diberikan GG Shiver bagi konsumen yang ingin mencari kepuasan rokok kretek menthol. Gudang garam menulis sebuah kalimat di halaman produknya yang akhirnya menjawab pertanyaan saya tentang tujuan diproduksinya merek GG Shiver dengan kualitas yang tidak main-main;

“Dengan pengalaman panjang dan didukung kemampuan profesional serta teknologi tinggi, Gudang Garam selalu berupaya menghadirkan merek-merek berkualitas tinggi yang dapat memenuhi harapan dan kepuasan konsumennya. Baik merek yang sudah mengakar kuat di masyarakat maupun merek-merek yang baru atau akan dilahirkan, seluruhnya memiliki positioning dan karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Keunikan spesifikasi ini diharapkan mampu memenuhi harapan serta kebutuhan setiap penikmat kretek yang berbeda-beda.”

https://www.gudanggaramtbk.com/brand/#gg-family

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *