Apa Sulitnya Membuang Puntung Rokok dengan Baik dan Benar?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Salah satu persoalan dari rokok yang tak juga kunjung kelar adalah perkara puntung rokok. Pada konteks ini, walau sama seperti sampah konsumsi lainnya, tak jarang kita temukan puntung bekas rokok bergelimangan di jalanan. Entah itu puntung dengan filter atau puntungan non filter, semua masih mudah ditemukan di jalanan.

Hal ini sebenarnya terjadi lantaran kebiasaan kita sebagai masyarakat yang hobi membuang sampah sembarangan. Apa pun sampahnya, ya dibuangnya sembarangan. Entah itu sampah plastik, kertas, daun, pun dengan puntung rokok. Namun, sebagai perokok santun, tak bisa kita menjadikan hal tadi sebagai alasan atas permasalahan ini.

Satu-satunya hal yang sebaiknya dilakukan oleh perokok adalah membuang puntung bekas rokoknya dengan baik dan benar. Tidak mesti di asbak atau di tempat sampah. Jika memang mendesak, ya simpan saja dulu di saku celana atau di bungkus rokok. Yang paling penting adalah kita tidak membuangnya dengan sembarangan.

Mengingat, kebiasaan membuat sembarangan ini membuat orang lain tidak senang dengan kita dan aktivitas merokok kita. Agar kemudian publik tidak sinis serta marah, ya sudah saatnya kita membuktikan bahwa perokok bisa lebih tertib dalam merokok. Salah satunya dengan Membuang Puntung Rokok dengan Baik dan Benar.

Baca Juga:  Mengapresiasi Realisasi Pengadaan Ruang Merokok di Malang

Jika hal ini dilakukan, maka publik bisa melihat bahwa ada perokok yang memang santun. Dan perkara merokok tidak melulu dibingkai dalam perkara yang buruk-buruk saja. Nantinya, hal seperti ini dapat memudarkan pandangan bahwa perokok itu jahat dan harus dimusuhi.

Namun, sebelum itu semua, sudah saatnya kita membuktikan diri menjadi perokok yang santun. Toh, apa sih susahnya membuang puntung rokok dengan baik dan benar? Tinggal membawa asbak portable ke mana pun pergi. Kalau tidak punya, buat asbak darurat, nantinya kalau sudah ketemu tempat sampah barulah asbak darurat itu dibuang ke tempat yang sebenarnya.

Seperti yang tadi saya bilang, melakukan hal ini dengan baik dan benar tidaklah sulit. Hanya dibutuhkan niat untuk melakukan ini semua. Dan yang terpenting, kalau belum ketemu asbak atau tempat sampah, jangan dulu buang puntungannya, simpan saja dulu sampai nanti bisa dibuang di tempat yang benar.

Aditia Purnomo

Bukan apa-apa, bukan siapa-siapa | biasa disapa di @dipantara_adit