3 Khilaf Yang Biasa Dilakukan Perokok

Asbak Rokok Portable, Solusi Efektif Bagi Perokok Santun

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Asbak rokok adalah salah satu elemen yang tak bisa diabaikan dari kehidupan perokok. Seringkali saja perhatian kita melulu pada korek api dan rokok saja yang masuk ke dalam saku. Sementara, wadah untuk menampung abu rokok tak terlalu kita utamakan.

Lumrah memang, karena ada sebagian perokok yang menganggap elemen itu mudah saja di dapat saat di luar rumah. Padahal tidak selalu begitu faktanya. Tak jarang kita mendapati suatu area yang biasa jadi tongkrongan perokok begitu kotor. Banyak puntung rokok berserakan dan abunya yang tercecer.

Tahu sendiri kan bagaimana antirokok menilai kondisi tak baik semacam itu, mereka kerap mendiskreditkan perokok dengan berbagai cap buruk. Salah satu cap buruk yang ditudingkan kepada perokok adalah sikap serampangannya. Terutama soal puntung rokok tadi.

Untuk itu paling kurang kita mesti belajar memahami, bahwa aktivitas merokok juga memiliki faktor risiko. Risikonya ketika kita tak mampu berlaku santun, maka akan membawa efek yang mengganggu hak orang lain.

Baca Juga:  Cerutu Rizona di Temanggung dan Kualitas Tembakau Indonesia yang Mendunia

Sudah sebaiknya para perokok memang perlu mengutamakan esensi dari santun dalam merokok ini. Kita tidak pernah tahu benar, apakah di luar kita bisa memanfaatkan wadah-wadah tertentu yang kita anggap bisa dijadikan asbak.

Alangkah baiknya kalau kita membawa asbak sendiri sebagai solusi dari kebiasaan kita yang kadang khilaf memperlakukan puntung rokok sendiri. Asbak rokok yang bersifat ringkas dan kece untuk dibawa ke mana-mana sebetulnya sudah banyak yang menjual.

Di beberapa online shop ada berbagai pilihan materialnya. Ada yang terbuat dari kertas tahan basah di dalamnya dilapisi aluminium foil atau bahan enamel serupa aluminium. Ada juga asbak rokok berbahan stainless atau kaleng berukuran mini, bisa dijadikan gantungan kunci juga. Pastinya wadah untuk menyimpan abu rokok dan puntung semacam ini memberi kesan keren dan fungsional.

Upaya bawa asbak sendiri ini bisa dikatakan sebagai langkah solusi bagi kita perokok yang suka bepergian, apalagi kerap singgah di banyak tempat. Sekali lagi, kita tentu tidak ingin ada orang yang kerepotan gara-gara kesenangan kita merokok. Jangan sampai jadi mengandalkan orang lain atau pemilik tempat sehingga kebebanan untuk menyediakan asbak.
Sederhana saja prinsipnya dalam menyikapi kontroversi tentang aktivitas merokok ini.

Baca Juga:  Menyediakan Ruang Merokok sebagai Langkah Toleran

Cukup dengan berlaku santun, menghadirkan kesadaran bahwa ada hak orang lain yang tidak ingin terusik oleh asap maupun puntung kita. Jadi, asbak portable yang kita bawa-bawa bersama rokok, sedikitnya sudah mengisyaratkan bahwa kita adalah perokok santun.

Jibal Windiaz

anak kampung sebelah