Simplifikasi Cukai rokok 2021

Pantaskah Cukai Rokok Tahun Depan Naik?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jika tahun depan tarif cukai rokok tidak naik, saya kira itu adalah hal wajar. Mengingat kondisi ekonomi Indonesia saat ini sedang tidak baik-baik saja, karena itu, menaikkan tarif cukai bukanlah hal yang bijak. Apalagi kondisi pandemi memburuk, masyarakat harus ditekan aktivitasnya, perekonomian pun bisa tumbang.

Belakangan ini memang suara agar tarif cukai dinaikkan agar nantinya pemerintah bisa mendapatkan uang segar  untuk operasional negara. Sekilas, mungkin ini adalah hal yang bisa terjadi. Meski jika melihat kondisi industri hasil tembakau hari ini, hal tersebut justru bisa menjadi senjata makan tuan untuk negara.

Produksi rokok pada tahun 2020 turun setidaknya hingga 10,2%. Hal ini terjadi karena dua hal, kenaikan tarif cukai rokok yang tinggi dan kondisi pandemi Covid-19 yang tidak tahu kapan akan selesai. Jika kemudian tarif kembali dinaikkan, maka hal tersebut akan membuat produksi kembali turun.

Perlu dipahami jika produksi rokok turun, maka pembelian pita cukai juga akan turun. Bahkan tanpa dinaikkan saja, potensi penurunan tetap ada dan memiliki potensi besar. Apalagi jika kemudian keadaan pandemi semakin tidak terkendali seperti sekarang.

Baca Juga:  Sisi Jahat Kampanye Antirokok yang Tak Boleh Dibiarkan

Jika kemudian pembelian terhadap pita cukai turun, maka potensi penurunan penerimaan negara justru terjadi. Mengingat pembelian pita cukai rokok oleh industri hasil tembakau merupakan sumber pendapatan negara. Kalau kemudian tarif naik, pabrikan tidak mampu membeli pita cukai, maka negara bisa tidak mendapatkan pemasukan.

Selain itu, ketika tarif kembali naik, maka konsumen pun bakal mengurangi pembelian rokok. Hal ini juga akan berpengaruh pada produksi rokok, yang juga mempengaruhi pembelian pita cukai. Hukum ekonominya kan berkurangnya permintaan membuat berkurangnya produksi atau penjualan. Ujung-ujungnya, kenaikan cukai rokok hanya akan membuat pendapatan berkurang.

Karena itu, di saat yang amat berat seperti sekarang, saya kira amat tidak pantas jika negara kemudian memutuskan untuk menaikan tarif cukai. Selain bakal membuat penerimaan berkurang, hal ini bakal membuat perokok kesulitan dan pabrikan gulung tikar. Bukannya memperbaiki ekonomi, justru memperburuh perekonomian.

Aditia Purnomo

Bukan apa-apa, bukan siapa-siapa | biasa disapa di @dipantara_adit