4 Merek Rokok Paling Laris di Indonesia

4 Merek Rokok Paling Laris di Indonesia

  • 377
  •  
  •  
  •  
  •  
    377
    Shares

Ada begitu banyak merek rokok di Indonesia. Sama seperti budaya, suku, adat. Karena keberagaman itulah Indonesia disebut negeri yang kaya. Nah pada konteks rokok, Ada puluhan bahkan ratusan merek rokok yang ada di Indonesia, baik itu yang diproduksi rumahan maupun pabrikan.

Banyaknya merek tersebut, karena memang Indonesia adalah negeri kretek dan penikmatnya selalu jatuh cinta pada produk khas negeri ini. Memang, ini yang membedakan kretek dan rokok, keberadaan cengkeh yang menambah nikmat kretek Indonesia. Bahkan, meski harga rokok terus naik, kretekus di Indonesia masih setia mengonsumsinya.

Berikut adalah beberapa merek rokok yang paling laris di Indonesia:

Djarum Super

Djarum Super merupakan produk andalan dari PT Djarum. Merek ini merupakan kretek filter jajaran atas yang laris manis di Indonesia sejak dulu. Merek ini menjadi penyumbang terbesar keuntungan yang dimiliki oleh pihak PT Djarum secara umum dengan konsumen yang lumayan besar.

Djarum Super, berdasarkan Top Brand tahun 2014 Index Fase 1, menempati posisi pertama dalam penjualan rokok Full Flavor yakni dalam angka 29,1%, membuat merek ini seakan menjadi pemimpin dari penjualan Djarum secara keseluruhan.

Baca Juga:  Demi Kemanusiaan, Silakan Gunakan DBHCHT untuk Melawan Virus Corona

Djarum Super pertama kali dikenalkan pada tahun 1981 dan pertama kali hadir dengan isi 10, 12 dan 16. Sekarang merek ini hanya ada dalam isi 12 dan 16. Tak hanya di Indonesia, Djarum Super dinikmati di berbagai belahan dunia seperti Tiongkok dan Amerika.

Sampoerna A-Mild

PT HM Sampoerna Tbk memguasai pangsa pasar rokok di Indonesia. Sekiranya, ada sekitar 30% pangsa pasar rokok dikuasai. Hal tersebut tidak begitu mengejutkan karena memang PT tersebut mempunyai beberapa produk andalan. Salah satunya adalah Sampoerna A Mild.

Sampoerna A Mild adalah salah satu Sigaret Kretek Mesin (SKM) yang yang rendah tar dan nikotinnya. Merek ini merupakan produk SKM LTLN (Low Tar, Low Nicotine) pertama di Indonesia yang dijual secara umum di Indonesia.

Sampoerna A Mild berdasarkan Top Brand tahun 2014 Index Fase 1, menempati posisi pertama dalam penjualan  SKM Mild dengab angka 53,3%. Rokok ini seakan menjadi raja dari kategori Mild, yaitu rokok yang rendah tar dan nikotinnya.

Baca Juga:  Menulis dan Urgensi Menghisap Sebatang Rokok

Dji Sam Soe

Dji Sam Soe termasuk juga produk unggulan dari PT HM Sampoerna Tbk. Boleh dibilang merek ini merupakan rajanya kretek tangan di Indonesia. Bagi penyuka kretek tangan, merek ini adalah pilihan utama untuk dinikmati. Alasannya, tentu saja, karena rasanya yang khas dan mantap.

Masih dalam data Top Brand tahun 2014, Dji Sam Soe juga menempati posisi pertama dalam penjualan kretek non filter dengan 53,6%.

Gudang Garam International

PT Gudang Garam Tbk mempunyai dua produk unggulan kretek filter Full Flavor. Ada Gudang Garam Surya, juga ada Gudang Garam International. Merek kedua ini menjadi produk utama dalam jenis SKM Full Flavor dengan ukuran batang King Size. Merek rokok ini memiliki ukuran yang lebih pendek daripada Gudang Garam Surya. Gudang Garam International pertama kali dipasarkan pada tahun 1979.

Keempat merek rokok tersebut merupakan produk kretek dengan nama yang paling besar di Indonesia. Mungkin persoalan merek mana yang paling nikmat, tidak bisa kita pastikan karena selera masyarakat yang berbeda-beda. Tapi dalam takaran paling laris, tentu saja belum ada yang bisa mengalahkan keempat merek tadi dengan segala keunggulannya.

Baca Juga:  Dua Tradisi Lebaran yang Kretekus Banget
Furqon Nazali

Bergembira sebelum negara api menyerang