Andai Susi Pudjiastuti Jadi Presiden

Tips Mudah Berhenti Merokok

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ketika kampanye antirokok kian masih, semakin mudah kita melihat baliho-baliho yang mengajak orang untuk berhenti merokok. Sayangnya, dari semua baliho dan kampanye ajakan untuk berhenti merokok, tidak pernah diberitahukan cara efektif agar orang-orang berhenti merokok. Nah, sebagai lembaga yang menjunjung tinggi hak masyarakat, berikut komunitas kretek berikan beberapa tips agar kalian mudah berhenti merokok.

  1. Makan atau Minum

Ketika makan atau minum, Anda hampir dipastikan bakal berhenti merokok. Karena struktur bagian tubuh manusia hanya menyediakan satu mulut untuk aktivitas konsumsi. Karenanya, jika Anda ingin berhenti merokok, makanlah atau minumlah. Pun sebaliknya, jika Anda ingin merokok, maka berhentilah makan dan minum.

Sejenak saja berhentinya. Kasih giliran barang konsumsi lain kesempatan. Dan yang paling penting, jangan sampai semua itu bertubrukan. Mana enak, bos.

  1. Tidur

Dalam hidup boleh saja seseorang selalu mengupayakan kerja-kerja multitasking. Mungkin kalau urusannya pekerjaan, Anda bisa menggarap 2 atau 3 proyek sekaligus. Tapi tidak dalam urusan merokok.

Baca Juga:  Jangan Ikuti Cak Nun, Jangan

Jika Anda memang ingin tidur, berhentilah merokok. Berbaringlah, pejamkan mata Anda. Kalau masih belum bisa tidur, coba saja cara klasik: menghitung hewan sampai 100. Yang pasti, cara klasik tersebut bakal lebih efektif membuat Anda tidur ketimbang berupaya tidur tapi masih merokok.

Sekali lagi: berhentilah sejenak, berikan yang lain kesempatan.

  1. Olahraga

Ini juga cara yang cukup efektif untuk membuat orang berhenti merokok. Ya masa kita mau lari-lari sambil nyebats. Kan repot juga, bos. Olahraga apapun hampir dipastikan ampuh untuk memaksa seseorang tidak merokok dulu. Nanti, kalau udah kelar larinya, sembari istirahat ya bolehlah sebatang dua batang.

Memang sih bisa saja kita memaksakan olahraga sambil merokok. Tapi ya itu, jadi kurang nikmat aja aktivitas merokoknya. Mbok kalau mau olahraga ya olahraga dulu aja. Jangan disambi merokok. Kasihan juga orang-orang di sekitar Anda yang bisa jadi terganggu olahraganya karena asap rokok Anda.

Catatan: tidak disarankan mengambil pilihan catur sebagai olahraga yang dapat membuat Anda berhenti merokok. Karena main catur sambil ngudud itu enak banget, lurrr.

  1. Beribadah
Baca Juga:  Melestarikan Tembakau Deli

Ini cara terakhir, dan yang paling sakral dalam upaya kita untuk menghentikan aktivitas merokok. Datanglah ke rumah ibadah, apapun itu. Mau masjid, gereja, katedral, pura, wihara, atau apapun itu, dapat dipastikan tidak ada orang yang beribadah sambil merokok. Ya masa kita bertamu di rumah Tuhan, sembari merapalkan doa sambil ngudud. Kan nggak khusyuk banget, lurr.

Nanti kalau berdoanya sudah selesai. Minta ampun sama Tuhannya sudah selesai. Keluarlah dari rumah ibadah, cari tempat yang pas, lalu merokoklah. Niscaya, semua kegundahanmu tatkala datang ke rumah ibadah bisa sedikit berkurang. Karena berikhtiar saja tidak cukup, lurr. Kadang, kita perlu momen untuk memanjatkan doa, memasrahkan pada Yang Maha Kuasa, sembari merilekskan diri dengan teman kita yang paling setia: kretek.

Aditia Purnomo

Bukan apa-apa, bukan siapa-siapa | biasa disapa di @dipantara_adit