merokok

4 Tipe Perokok yang Menyebalkan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Banyak alasan bagi orang-orang yang tidak merokok untuk membenci perokok. Hal itu muncul karena sebagian perokok masih berprilaku tidak santun. Salah satu contohnya, membuang puntung sembarangan. Sebenarnya masih banyak alasan-alasan lain yang membuat orang membenci perokok. Tapi saya tidak akan membahasnya di sini karena hal tersebut sudah dibahas di tulisan-tulisan sebelumnya.

Dari orang yang tidak merokok kita bisa menyimpulkan bahwa mereka bukan membenci perokoknya, melainkan kesantunan atau cara merokok dari perokok itu sendiri. Begitu juga dengan aktivis anti-rokok. Mereka bukan membenci perokoknya melainkan kepentingan bisnis mereka yang tak kunjung berhasil. Dan jangan dikira kebencian datang dari orang yang tidak merokok saja. Dari perokok pun masih bisa membenci perokok yang lain. Setidaknya ada 4 tipe perokok yang menyebalkan dan dibenci oleh perokok lain.

Tidak mau berbagi

Tipe perokok seperti ini biasanya manaruh rokok di saku ketika sedang nongkrong, pura-pura lupa kalau dia punya rokok atau dia sengaja menaruh rokoknya lebih jauh dari kumpulan perokok lain. Perokok seperti ini tergolong perokok yang individualis, susah bergaul. Padahal, keistimewaan untuk kita merokok adalah bisa saling berbagi. Di saat saat teman ngga punya rokok, kita kasih. Begitu juga sebaliknya.

Baca Juga:  Kemunculan Produk Alternatif Tembakau Adalah Bukti Perang Nikotin Terjadi

Dengan merokok kita bisa berbaur, berdiskusi dan menghangatkan suasana pertemanan. Tapi kalau ada perokok pelit seperti ini, suasana menjadi lebih kaku.

Curanrek

Korek menjadi benda yang sangat penting bagi perokok. Kalau korek hilang, perokok bakal kesulitan untuk menikmati rokoknya. Makanya, untuk perokok-perokok yang suka mengantongi korek yang bukan miliknya, menjadi tipe perokok yang sangat menyebalkan.

Biasanya si pencuri korek ini mengincar korek yang bagus seperti korek merek cricket. Atau kalau mereka memilih yang lebih aman, mereka mengantongi korek yang umum digunakan seperti korek merek tokai.

Saya pernah mengamati teman saya yang kebetulan suka ngantongin korek orang lain. Cara mencurinya cukup sederhana. Ketika sedang asik ngobrol dan di sana banyak rokok dan korek tergeletak, dia dengan tenang memasukkan korek ke dalam kantongnya tanpa gerak-gerik yang mencurigakan. Atau dia memainkan korek ketika ngobrol dan memasukkan korek ke kantong setelah menyalakan rokoknya. Dan ciri-ciri utama orang yang suka mencuri korek adalah dia mempunyai banyak korek dengan banyak jenis. Hal ini bisa dibuktikan ketika kalian mengunjungi kamarnya.

Baca Juga:  Ketika WHO Membantah Pernyataan WHO Terkait Rokok sebagai Penyebab Utama Kematian

Modal congor doang

Perokok dengan modal congor lebih aktif berkomunikasi. Dia membuat obrolan menjadi lebih asik di depan perokok-perokok lain. Namun ada satu misi besar yang mereka rencanakan dibalik keaktifan mereka: dapet rokok gratis.

Kalian pernah membaca novel Dawuk? Ya. Sosok Warto Kemplung adalah gambaran sejati dari tipe perokok modal congor doang. Digambarkan bahwa Warto sangat aktif bercerita dan membius semua pendengarnya. Padahal omongannya adalah bualan belaka demi mendapatkan berbatang-batang rokok.

Merokok kayak kereta

Tipe perokok yang satu ini sebenarnya tidak masalah kalau merokok kayak kereta asalkan punya sendiri. Yang jadi masalah itu kalau dia merokoknya cepat tapi bukan punya sendiri. Tipe perokok yang merokok kaya kereta akan sangat menyebalkan jika kita berada di ruang sempit.

Itulah empat tipe perokok yang menyebalkan menurut saya. Kita harus menyadari bahwa ada hal-hal yang dibenci orang dan harus kita hindari. Termasuk menyadari diri sendiri masuk dalam tipe yang mana.

Furqon Nazali

Bergembira sebelum negara api menyerang