Esse Change

Review Esse Change; Kawin Silang Kesegaran Mint dan Buah

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mau rokok dengan varian rasa buah? Rokok Esse Change bisa jadi pilihan terdepan. Ya, ada juga sih rokok lain dengan aroma buah, tapi Esse ini punya lebih banyak varian rasa yang ditawarkan. Menurut saya, ini unggulan soal variasi.

Sebelum muncul edisi Change, Esse punya edisi classic, blue, mentol, silver dan gold yang kurang banyak peminatnya. Nah, inovasi Change ini yang cukup banyak diminati. Oiya, brand Esse memang dikenal cukup sering dan berani berinovasi.

Brand rokok Esse adalah yang paling populer di Korea. Perokok di Indonesia juga sangat kenal dengan brand ini. Esse adalah produk dari KT&G (Korea Tobacco & Ginseng). KT&G adalah perusahaan rokok besar asal Korea Selatan. Penjualan tahunan mereka tak pernah kurang dari USD 2 miliar, atau sekitar Rp 2,8 triliun.

Nah, kalau suatu saat kalian berkesempatan berkunjung ke negeri ginseng Korea Selatan, kalian sudah tidak bingung kan harus merokok apa. Kayaknya tembakau linting agak jarang deh di sana.

Baca Juga:  Menyiasati Pengeringan Tembakau di Ruas Proyek Tol

Balik lagi soal varian rasa Esse Change, ada banyak pilihan bagi pasar. Ada rasa juicy, anggur, apel, mangga, jeruk, dan berry. Ada dua pilihan rasa yang non buah: madu dan caramel. Kalian bisa pilih sesuai selera dan karakter. Atau, boleh coba semua secara bergilir biar bisa merasakan sensasi aromatik dari tiap varian. Rekomendasi saya sih yang applemint.

Di semua varian Esse Change akan terasa sensasi kesegaran mint yang terasa sopan di mulut. Maksudnya, gak berlebihan dan kawin dengan rasa buahnya. Perlu kalian ketahui, sensasi dari kawin silang mint dan buah pada rokok ini baru terasa setelah kita klik kapsul dalam filternya. Teknologi ini mereka namakan click to change; salah satu fitur unggulan dari Esse.

Kalau kita gunakan tanpa diklik, ya rasanya seperti rokok mild pada umumnya. Ini sangat tidak disarankan. Karena, menurut saya, rokok ini tidak sedap kalau tanpa aroma buah-buahannya. Jadi, kalian harus lakukan klik untuk membawa sebuah perubahan. Wow banget, kan?

Baca Juga:  Barisan Perokok di Kabinet Jokowi

Satu bungkus rokok Esse Change dijual pada range harga 25 ribu – 27 ribu rupiah. Dengan harga yang lumayan, kalian bisa dapat 20 batang. Ukuran diameter batang rokok ini sangat kecil. Kandungannya 12 mg tar dengan 0,8 mg nikotin. Inilah jenis kretek Low Tar Low Nicotine (LTLN) superslim. Tapi, experience yang didapat gak mengecewakan kok.

Oiya, rokok ini sudah punya inovasi terbarunya. Kini ada varian double click. Jadi, ada dua kapsul dalam sebatang rokoknya. Saya belum pernah coba yang ini. Kalian sudah coba?

Aris Perdana

Manusia yang dikutuk untuk bebas | @arisperd