berhenti merokok

Ini 3 Bahaya Rokok yang Tak Pernah Diungkap ke Publik

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sedari dulu bahaya rokok memang membayang-bayangi umat manusia. Tentu bahaya rokok yang bakal kita bahas di sini bukan lah bahaya versi anti rokok dan pihak kesehatan. Kalau perkara kesehatan itu memang saya kira tidak ada hal yang tidak berbahaya di dunia ini.

Nah membincang perkara bahaya dari rokok kali ini, ada setidaknya 3 hal yang harus diperhatikan oleh perokok. Daripada nanti daripada kan, namanya mencegah tentu lebih baik daripada mengurus masalah. Karena itu, ini dia 3 bahaya yang harus diperhatikan oleh perokok.

Bahaya menaruh rokok di saku belakang celana

Ini adalah bahaya yang kadang kala masih saja dilakukan oleh perokok. Sudah tahu rokok mudah patah, kok ya ditaruh di saku belakang celana. Begitu duduk, sudah bungkusnya penyok dalemannya eh patah juga.

Kan ngga enak ya kan pas lagi nongkrong mau sebats, eh rokok di kantong celana belakang kita patah dan ngga bisa diisap. Sudah begitu mau minta rokok teman kok ya nggak cocok. Masa anak Gudang Garam Filter minta rokok ke anak Djarum Super. Bahaya bahaya bahaya.

Baca Juga:  6 Pemimpin Dunia yang Merokok

Bahaya kehabisan rokok saat tengah malam

Ini adalah alasan penting mengapa saya suka sekali menyetok rokok banyak-banyak di kamar. Dari pada nantinya pas lagi asyik-asyik nonton pelem atau kerja di tengah malam yang syahdu, eh pas ingin sebats malah kehabisan rokok. Aduh PR bener.

Coba bayangin, di tengah malam yang dingin kita harus keluar rumah. Sudah dingin, warung kampung sebelah belom tentu buka. Mau ke alfamart jauh. Akhirnya ya pesen gofood terus nitip rokok ke abangnya. Keluar uang dobel deh padahal ingin beli rokok doang. Bahaya bener kan buat kantong?

Bahaya Merokok ketika sedang boker

Bagi sebagian orang, merokok ketika sedang buang air besar adalah kenikmatan tersendiri. Mereka bisa menuntaskan hajat sembari melakukan kontemplasi yang nggak penting-penting amat sebenarnya, tapi ya enak dilakuin. Belum lagi kadang kita nemu ide-ide brilian pas lagi ngeden sembari narik sebats kita.

Namun, tahukah Anda ada satu bahaya dari aktivitas merokok ketika BAB. Satu bahaya bagi kesehatan, karena kita terlalu lama jongkok di jamban pas boker sambil sebats. Ya, bahaya itu adalah kesemutan.

Baca Juga:  Memprediksi Musim Tanam Tahun Ini

Coba bayangkan, kalau kaki kesemutan, sudah nggak nyaman buat diri sendiri, pas berdiri bisa jadi kehilangan keseimbangan dan jatuh. Mending kalau berdirinya pas sudah cebok, kalau belum dan baru mau ambil gayung, kan bisa belepotan kemana-mana. Buset sudah pokoknya ini bahaya betul buat diri sendiri.

Itulah kiranya 3 bahaya rokok yang tak pernah diungkap ke publik. Nah agar teman-teman sesama perokok makin tercerahkan, ada baiknya kita segera menyebarkan artikel ini ke grup-grup whatsapp dan medsos kita. Ingat, like dan komen itu gratis, sebarkan jangan sampai berhenti di kamu.

Aditia Purnomo

Bukan apa-apa, bukan siapa-siapa | biasa disapa di @dipantara_adit