Merokok di Dalam Stadion Saat Piala Dunia, Maradona Tak Sepenuhnya Bersalah
Ragam

Apa Saja Merek Rokok Andalan Para Pesohor?

Meski katanya membahayakan kesehatan dan dianggap tidak berguna untuk dunia, tetapi ada begitu banyak pesohor atau orang terkenal yang merokok. Bahkan sebagian dari mereka juga menjadi tokoh penting dunia, baik secara internasional mau pun di negaranya masing-masing. Pertanyaannya, apa saja sih merek rokok andalan mereka?

Nah, berikut ini akan saya beritahukan merek rokok andalan para pesohor baik dunia mau pun Indonesia. Tentu saja tidak semua merek perokok saya tahu merek andalannya. Tapi, berikut ini adalah beberapa yang saya tahu.

Pramoedya Ananta Toer

Salah satu penulis paling moncer dan terkenal dari Indonesia ini dikenal sebagai perokok yang berat. Bahkan, dalam satu kesempatan, Pram pernah berkata bahwa merokok yang tepat untuk melawan lapar. Pernyataan ini disebutkannya tatkala Ia membahas masa pendudukan Jepang yang memang membuat masyarakat cukup sulit untuk makan.

Nah, merek rokok favorit dari Pramoedya adalah Djarum Super. Di beberapa kesempatan Ia terlihat mengisap rokok andalannya tersebut. Bahkan, di saat-saat jelang kematiannya, Ia meminta sebatang rokok kesayangannya, Djarum Super. Nanti cerita tentang ini sebaiknya dibahas di artikel tersendiri saja ya.

Baca Juga:  Puntung Rokok Jadi Populer Disalahkan, Ajaib Memang

Cak Nun

Budayawan terkenal bernama Emha Ainun Nadjib ini kerap terlihat merokok di banyak kesempatan. Saat mengisi forum Maiyah atau Kenduri Cinta, Ia sering memberikan ceramah sembari mengisap rokok yang diapit pada jarinya. Dari situlah kemudian orang-orang mengetahui jika rokok favorit Cak Nun adalah Dji Sam Soe.

Selain dikenal sebagai perokok, Cak Nun juga dikenal sebagai pembela rokok. Jika tokoh keagamaan lainnya dikenal tidak banyak bicara soal rokok, bahkan lebih sering mengharamkan rokok, tapi itu bukan Cak Nun. Justru Cak Nun kerap membantah argumentasi negatif yang dituduhkan kepada rokok. Hal ini, tentu saja, Ia lakukan sembari klepas klepus mengisap rokoknya.

Diego Maradona

Salah satu pemain sepak bola terbaik yang pernah ada di dunia ini baru saja meninggal beberapa hari lalu. Duka yang dirasakan seluruh pecinta sepak bola dunia rasanya juga dirasakan oleh kebanyakan perokok. Mengingat Maradona adalah seorang pecinta cerutu, dan merek favoritnya adalah cerutu Cohiba dari Kuba.

Sepanjang hidupnya Maradona memang kerap terlihat dengan cerutu andalannya itu. Bahkan pada laga Piala Dunia antara Argentina melawan Islandia, Maradona terlihat dengan asyik mengisap cerutu favoritnya itu di tribun VIP. Segala larangan memang agaknya tidak mempan terhadap Maradona.

Baca Juga:  Tembakau Jambangan Madura

Usut punya usut, ternyata Maradona memang terbilang akrab dengan tokoh besar Kuba seperti Fidel Castro. Bahkan Ia memiliki tato bergambar revolusioner Kuba asal Argentina, Ernesto Che Guevarra di lengannya. Semoga nantinya, Maradona bisa bertemu sembari mengisap cerutu bersama Fidel Castro dan Che Guevarra di dunia sana.