3 Rekomendasi Rokok Enak dari Malang, No. 3 Legendaris!

rokok enak dari Malang

Inilah rekomendasi rokok enak dari Malang yang perlu kamu tahu

Malang merupakan daerah dengan pabrik rokok terbanyak di Indonesia. Hal ini sangat berdampak pada ekonomi di sana. Banyak tenaga kerja yang terserap sebagai buruh linting dan berbagai aspek dalam ekosistem pertembakauan. Dengan begitu pendapat daerah pun pasti akan bertambah. 

Berbeda dengan Kudus yang mempunyai PT Djarum dan Kediri yang mempunyai PT Gudang Garam, di Malang tidak ada pabrik rokok yang dominan. Hampir semuanya merupakan pabrik rokok kecil-kecilan. Rokok asal Malang juga biasanya menyasar pada segmen perokok kelas menengah ke bawah. Terdapat beberapa merk rokok yang enak dari Malang dan tentunya harganya sangat terjangkau.

1. Rokok 169

Rokok 169 ini cukup populer di kalangan perokok kelas menengah. Banyak yang bilang bahwa rokok 169 ini merupakan rokok Dji Sam Soe versi murah. Jika dilihat dari bungkus hingga batangnya serta aromanya rokok ini memang ada sedikit kemiripan dengan Dji Sam Soe. Yang jadi pertanyaan, apakah rokok ini bisa menyaingi kepopuleran dari Dji Sam Soe?

rokok 169 rokok enak dari Malang

Soal rasa, 169 terdapat sedikit kemiripan dengan Dji Sam Soe. walau begitu terdapat ciri khasnya masing-masing. Mengingat tembakau dan cengkeh yang digunakan dari kedua rokok ini tentu sangat berbeda. Belum lagi saus dan rempah tambahan lainnya pun juga pasti berbeda. Walau begitu, bagi saya 169 ini bisa banget untuk menjadi pilihan turun kasta dari rokok Dji Sam Soe. 

Soal harga, rokok ini dibandrol dengan harga 9 ribu rupiah saja dengan isi 12 batang. Rokok ini hanya tersedia 1 varian saja yang isi 12 batang. Namun sayangnya, rokok ini lumayan susah dijumpai di daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Untuk Jawa Timur rokok ini masih terbilang cukup mudah. Hal ini wajar karena rokok 169 masuk dalam kategori rokok SKT golongan III. 

Baca Juga:  Pentingnya Rokok Bagi Wartawan yang Bercita-cita Punya Alphard

2. Rokok Grow Bold Berry

Produk rokok Grow ini akhir-akhir ini sedang dicari oleh banyak orang. Alasannya sederhana, harga rokok ini murah dan variannya itu lumayan komplit. Terdapat rokok Grow Kretek, Grow Filter dan Grow Bold Berry. Khusus untuk rokok Grow Bold Berry ini juga mempunyai keunikan tersendiri. Rokok Grow Bold Berry ini juga menjadi pelopor rokok Bold dengan rasa berry dan mempunyai capsule

grow bold berry

Dengan batang rokok yang seperti batang rokok SKM Reguler ditambah dengan sensasi rasa berry membuat perpaduan yang nikmat. Tarikannya cukup enteng dan halus. Rasa berry nya pun cukup kuat walau aromanya tidak begitu muncul. Rasa tembakau dan cengkihnya pun masih terasa legit dalam rokok ini. Aftertaste-nya enak, meninggalkan sensasi mint di tenggorokan. 

Soal harga, rokok Grow Bold Berry ini dibandrol dengan harga 15 ribu rupiah. Harga yang sangat terjangkau untuk saat ini. Di sisi lain harga rokok bold atau rokok SKM reguler lainnya sudah melebihi 20 ribu rupiah. Belum lagi rokok ini mempunyai sensasi mint dan berry yang cukup nikmat. Cocok untuk rokok harian bagi para pecinta rokok berry capsule

3. Bentoel Biru  

Rokok ini mempunyai sejarah yang panjang di Indonesia. Boleh dibilang rokok Bentoel Biru itu merupakan salah satu rokok legendaris di Indonesia. Dahulu rokok ini bernama Bentoel Internasional yang mana merupakan pelopor rokok Sigaret Kretek Mesin (SKM) di Indonesia. Setelah beberapa tahun, PT Bentoel merupakan namanya menjadi Bentoel Biru dan bertahan hingga kini. 

Baca Juga:  Menurunkan Berat Badan dengan Merokok? Why Not?

Rokok ini mempunyai sensasi spicy yang cukup kuat. Rasa manis dan gurihnya ada namun tidak terlalu dominan. Tembakau yang digunakan di rokok ini merupakan tipikal tembakau kering yang membuat durasi bakarnya jadi lebih cepat. Aftertaste-nya meninggalkan sedikit rasa pahit di tenggorokan namun masih dalam kadar wajar. Secara keseluruhan rasa dari rokok ini cukup enak. 

bentoel biru

Sayangnya rokok ini cukup susah dijumpai. Khususnya di daerah saya yaitu Jogja. Di Jogja rokok ini hanya bisa ditemukan di toko tembakau. Harga rokok Bentoel Biru ini dibandrol dengan harga 17 ribu rupiah. Harga yang cukup terjangkau untuk saat ini. Selain itu juga, dengan membeli rokok ini kita dapat menikmati sensasi awal-awal bagaimana rokok SKM diproduksi di Indonesia. 

Itulah rokok enak dari Malang yang perlu kamu coba. Barangkali ada merek rokok enak dari Malang yang kamu suka, kasih tahu kami, yaa.

Bagas Nurkusuma Aji