Rokok Djarum Super MLD

Begini Sejarah Rokok Mild di Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Salah satu varian rokok yang paling populer di Indonesia adalah produk Mild. Varian ini dikenal dengan tarikannya yang ringan dan juga cocok bagi masyarakat dengan tingkat kesibukan yang padat. Tak main-main, penjualan produk ini pun merajai pasaran kretek di tanah air. Walau demikian sebenarnya bagaimana sejarah rokok mild bermula?

Tak banyak kisah dan versi yang menyebutkan sejarah rokok mild bermula. Akan tetapi dari beberapa yang saya temukan di internet menyebutkan satu nama yaitu Muhammad Warsianto. Nama tersebut diklaim menjadi penemu rokok mild pertama di Indonesia.

Sejarah rokok Mild berawal dari kreatifitas Warsianto yang ditangkap peluangnya oleh perusahaan rokok besar asal Jawa Timur, HM Sampoerna. Peluang itu tak disia-siakan olehnya, segala kreatifitas yang ia punya kemudian dituangkan dalam bentuk sebuah produk bernama A Mild.

Akan tetapi ada sejarah rokok mild yang menarik di balik itu. Warsianto melihat ada keinginan masyarakat untuk menikmati rokok kretek dengan kadar tar dan nikotin dan rendah dengan tarikan yang ringan. Mengingat saat itu rokok putih sedang dilirik oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga:  Review Rokok Djarum Istimewa, Seistimewa Namanya

Sebagai informasi, rokok mild kebanyakan menggunakan tembakau virginia flue cured. Tembakau ini dikenal berwarna cerah dan berdaun tipis. Selain itu bisa ditanam pada tanah yang tidak begitu subur (tanah kritis namun masih mengandung air) dan menggunakan arang untuk proses curing.

Bukan hanya rokok Sampoerna A Mild yang kemudian lahir dari kreatifitas seorang Warsito. Saat dirinya direkrut oleh Bentoel Group, dia kemudian melahirkan sebuah produk bernama Star Mild. Sebuah produk yang juga dikenal hingga saat ini.

Selain rokok A Mild dan Star Mild, Warsito juga punya andil dalam lahirnya rokok Clas Mild. Bahkan saking suksesnya, dia mengaku sangat bangga dengan lahirnya produk tersebut sampai-sampai ia menyebutkan bahwa rokok Clas Mild merupakan adik dari A Mild dan Star Mild.

Begitulah sejarah rokok mild di Indonesia yang kehadirannya kini banyak dinikmati oleh masyarakat. Pertanyaannya, rokok mild mana yang menjadi favorit anda?

Indi Hikami

TInggal di pinggiran Jakarta