Ragam

Ruang Merokok di Bio Smart Bus Sumber Alam

Penyediaan ruang merokok pada bus AKAP menjadi satu fasilitas yang menegaskan adanya pelayanan yang bersetara. Konteks bersetara di sini, baik perokok maupun bukan perokok, sama-sama dapat mengakses makna kenyamanan.

Apalagi di masa pandemi yang serba riskan ini, protokol kesehatan menyangkut physical distancing menjadi penting untuk menjadi perhatian semua pihak. Tak terkecuali bus Sumber Alam. Belakangan ini perusahaan armada bus Sumber Alam mengeluarkan layanan bus terbarunya.

Layanan paling utama di sini menyangkut sistem sirkulasi udara di dalam bus, serta lay out bangku pelanggan yang terkonsep dengan baik. Cukup menjawab tuntutan agar pelanggan merasa nyaman dalam pemberlakuan physical distancing.

Terkadang kita, khususnya saya, warga masyarakat yang suka bepergian menggunakan bus AKAP, pada kondisi seperti sekarang sangat mengidamkan adanya layanan transportasi yang menunjang kebutuhan. Selain layanan tepat waktu, tentu kenyamanan saat berada di dalam transportasi bus AKAP jadi poin perhatian.

Biasanya saya memilih bus-bus yang memang tertib dalam menyikapi kondisi yang serba riskan dari penyebaran Covid yang tak terduga. Adapun bus-bus yang pernah saya tumpangi umumnya mengurangi jumlah penumpang.

Baca Juga:  Merek Rokok Zaman Dahulu yang Terkenal

Untuk dua bangku hanya boleh diisi satu penumpang, dan komposisi duduk antar pelanggan pun zig-zag. Sejauh ini yang saya temukan seperti itu, para penumpang juga diwajibkan menggunakan masker saat di dalam bus.

Upaya itu tentu cukup berhasil setidaknya untuk mencegah potensi persebaran Covid. Walaupun belum bisa dipastikan tingkat kemungkinan lainnya. Dengan munculnya seri Bio Smart and Safe Bus yang merupakan layanan bus terbaru dari Sumber Alam, kita sebagai pelanggan tentu merasa lebih nyaman.

Bagi saya, upaya ini menjadi satu cara penting untuk tetap merawat kepercayaan konsumen. Para pengusaha layanan jasa transportasi, tentu akan saling bersaing dalam hal ini. Jika kepercayaan konsumen baik, niscaya itu berdampak terhadap pendapatan yang diterima.

Apalagi mengingat perjalanan luar kota ini cukup memakan waktu lebih dari 5 jam, bagi saya ruang merokok di dalam bus antar provinsi ini menjadi sangat vital. Walaupun memang biasanya akan dapat kesempatan merokok saat bus transit di rumah makan.

Namun, dengan penyediaan ruang untuk merokok, itu menjadi satu nilai tersendiri yang mampu menguatkan brand image Sumber Alam. Publik mendapatkan sesuatu yang bisa mereka maknai sebagai kepedulian perusahaan bus terhadap pelanggannya.

Baca Juga:  Review Rokok Hero Casual, Ramai di Tiktok dan Instagram

Tentu saja, ini akan berbeda dengan ketika kita menggunakan layanan transportasi lainnya. Kereta api, misalnya, sejauh ini perokok belum mendapatkan layanan seperti yang disediakan oleh beberapa bus AKAP dengan menyediakan ruang merokok.

Bukan mustahil, perhatian pelanggan kereta api akan lebih tertarik menggunakan transportasi bus semacam Bio Smart yang dihadirkan Sumber Alam. Apalagi ini sistem sirkulasi udaranya sudah canggih.

Pemutakhiran pada lini transportasi yang berprioritas pada kenyamanan yang bersetara, pastilah menjadi perhatian bagi banyak pihak. Selamat buat PO Sumber Alam, aku padamu pokoknya.

Gambar: instagram @sumberalam.id

Penulis di Komunitas Kretek

You might also like