djarum coklat filter

Betapa Sulitnya Menemukan Djarum Coklat Filter di Jogja

Kamu pernah kesulitan mencari Djarum Coklat Filter di Jogja? Wajar. Ternyata rokok pabrikan Kudus itu distribusinya terbatas di Jawa Barat.

Djarum meluncurkan varian Djarum Coklat (ekstra) pertama kali di tahun 2010. Rokok yang identik dengan bungkus batangnya yang berwarna coklat ini rupanya laris manis di pasaran, namun penjualannya dibatasi kala itu. Di sepanjang perjalanannya, rokok ini memiliki pangsa pasar dan penikmat tersendiri. 

Masih terbilang sukses, Djarum Coklat yang berjenis SKT akhirnya mengeluarkan versi SKT-nya lagi dengan versi lebih soft, yakni Djarum Coklat Kretek di sekitar tahun 2015-an. Rupanya, SKT dengan versi soft ini juga disukai oleh banyak konsumen.

Akhirnya, di sekitar akhir tahun 2015, Djarum Coklat mengeluarkan versi SKM-nya dengan merek Djarum Coklat Filter. Boleh dibilang, varian ini merupakan versi premium dari Djarum Coklat.

Pandemi, Jogja, dan Djarum Coklat Filter

Di rentang tahun 2021-2022 (pandemic) kemarin, rokok ini (Djarum Coklat Filter) menjadi incaran publik, walaupun telah diluncurkan beberapa tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan ketika pandemi memaksa perokok harus menekan segala pengeluaran mereka, termasuk pengeluaran untuk belanja rokok.

Baca Juga:  Para Pelopor Bisnis Kretek ini Dikenal Sebagai Aktivis Pada Masanya

Djarum Coklat Filter menjadi salah satu alternatif rokok yang pas kala itu. Berjenis Sigaret Kretek Mesin (SKM), dengan harga tak lebih dari 20 ribu, dan dengan versi rasa lebih halus dari Djarum Coklat, rokok ini akhirnya diburu. Dengan tawaran kenikmatan semacam itu, sayang rokok ini tak didistribusikan di seluruh daerah, terutama di Jogja.

Kretekus yang berdomisili di Jogja banyak mengeluhkan sulitnya menemukan rokok ini, terutama mereka yang mengaku sudah mencoba kenikmatan rokok ini. Dari informasi yang saya ketahui, Djarum Coklat Filter ini hanya didistribusikan di daerah Jawa Barat saja. 

Oleh karenanya, demi bisa mencicipi kenikmatan dari rokok ini, banyak kretekus yang berusaha mencari kawan yang bisa dititipi atau bahkan berbelanja secara online.

Bukan berarti sama sekali tidak ada. Pada kenyataannya, di beberapa warung di Jogja masih bisa ditemukan rokok ini. Namun, jarang sekali. Jikalau ada pun pasti hanya ada 2 atau 3 bungkus saja. Dan pasti cepat habis, sebab banyak kretekus Jogja yang memburu rokok ini.

Baca Juga:  Rokok, Penyakit, dan Perjodohan

Kudus

Di sekitar tahun 2021 akhir, saya berkesempatan untuk mencicipi rokok ini dari teman. Setelah mencicipi, saya menjadi tahu alasan mengapa rokok ini banyak diburu.

Beberapa bulan kemudian, saya berkesempatan untuk mengunjungi Kota Kudus, sekedar bermain saja. Iseng mencari rokok ini di tempat asalnya, ternyata rokok ini juga sama sekali tidak didistribusikan di sana. 

Memang rokok ini ternyata produk regional yang hanya didistribusikan untuk kretekus di Jawa Barat.