Ragam

Review Rokok Manchester, Diimpor Langsung dari Inggris

Satu lagi produk impor mewarnai dunia industri hasil tembakau di Indonesia. Rokok Manchester namamya, kini tengah menjadi bahan perbincangan hangat. Selain menghangatkan perbincangan, produk ini juga membuat persaingan di segmen kategori sigaret putih mesin di tanah air menjadi semakin ketat.

Ada dua varian rokok Manchester yang hadir di Indonesia. Pertama adalah Manchester Lights dan yang kedua yaitu Manchester Red. Seperti namanya, produk ini dibuat oleh produsen rokok asal Inggris yang bertempat di London yaitu JSS Tobacco Ltd.

Jadi, walaupun namanya rokok Manchester bukan berarti produk ini dibuat di sekitar Stadion Old Trafford yah! Justru produk ini sebenarnya dibuat di kawasan London.

Saya sebenarnya sudah cukup lama mengenal produk ini. Waktu itu saya pernah melihatnya di berbagai convenience store yang terdapat di Kuala Lumpur, Malaysia. Saya memaklumi mengapa rokok Manchester ini laku di sana mengingat negara tetangga kita itu merupakan negara persemakmuran Inggris.

Berbeda dengan di Indonesia, rokok Manchester belum diproduksi di sini. Produk ini hanya terjual di marketplace yang barangnya juga dipastikan diimpor dari luar negeri. Tapi tenang, rokok ini legal kok karena sudah dikenakan biaya bea dan cukai oleh otoritas Indonesia.

Baca Juga:  Petani Tembakau Menagih Janji Jokowi

Sebagai informasi produk ini sudah dikenakan cukai di negeri asalnya, namun modelnya cukainya berbeda dengan di Indonesia yang menggunakan pita. Satu hal berbeda lainnya adalah tidak adanya gambar seram pada bungkus rokok ini. Tentu ini menjadi pertanyaan anda semua bukan?

Justru ini menariknya dari rokok Manchester yang diimpor ke Indonesia. Selama ini banyak narasi yang menyebutkan bahwa bungkus rokok di Indonesia harus memuat gambar seram seperti produk-produk di luar negeri, justru sebenarnya faktanya tidak.

Rokok Manchester yang berasal dari Inggris malah tak menampilkan gambar seram di bungkusnya. Bungkus ini terlihat lebih keren ketimbang ada gambar seram yang kita tidak tahu bagaimana hak cipta dari gambar tersebut dan apakah sudah mendapatkan izin dari korban? Hemm.

Akan tetapi di sisi lain, produk ini memang memiliki citarasa rokok putihan yang sangat western sekali. Jadi jika anda ingin mencobanya silahkan membelinya dengan harga kisaran 35 hingga 36 ribu perbungkus berisi 20 batang di berbagai marketplace.

Sumber gambar: instagram @kokorloco