kandungan rokok baru murah

3 Rokok Baru Murah untuk 2021

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Dari tahun ke tahun selalu saja bermunculan rokok baru murah yang bisa menjadi pilihan para perokok. Kemunculan beragam pilihan ini didorong oleh naiknya harga rokok akibat regulasi cukai. Inilah salah satu keniscayaan pasar.

Manakala cukai terus digenjot oleh pemerintah sehingga membuat pabrikan banyak yang kewalahan. Para pelaku di sektor kretek dengan segera melakukan beberapa strategi untuk tetap bisa menopang beban produksi.

Salah dua di antaranya adalah dengan meluncurkan varian produk dengan harga murah di bawah rata-rata brand yang sudah ajeg posisinya. Maka untuk mengimbangi logika cukai yang kalau sudah naik tidak akan turun tarifnya itu. Pabrikan kemudian memunculkan pilihan baru bagi pasarnya.

Dari sekian banyak produk yang ada, setidaknya tiga rokok baru murah yang saya bahas di sini cukup mudah diakses di ritel-ritel manapun.

Djarum Super Next

Produk besutan PT Djarum ini secara tampilan sudah identik dengan brand di atasnya. Didominasi warna merah dan hitam, secara visual saja kita sudah bisa langsung tanggap kalau itu keluaran Djarum. Golongan full flavor ini sebungkusnya berisi 12 batang. Tahun lalu harga rata-rata Rp 15.000.

Baca Juga:  Review Rokok Menara Katulistiwa, Perpaduan Dua Rokok Reguler Ternama

Besar kemungkinan, kenaikan harganya di tahun 2021 relatif terjangkau untuk golongan rokok di bawah harga Rp 20.000. Produk Next ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2020. Secara citarasa, produk ini termasuk yang berani keluar dari ciri khas rokok Kudusan.

Ziga

Tahun lalu harganya berkisar Rp 10.000-12.000, untuk golongan rokok murah, tampilan rokok Ziga ini cukup elegan. Bahkan, cenderung terlihat keren untuk kretek berfilter di kelasnya. Sekilas rokok ini mirip dengan saudaranya yaitu Rokok Chief yang juga diproduksi oleh PT Djarum.

Bagi saya, tidak ada kesulitan untuk beradaptasi dengan rokok ini. Secara prinsip, rokok ini tidak meninggalkan rasa lengket dan tidak bikin gatal tenggorokan. Tarikannya cenderung mantap, meski tak bisa semantap rokok-rokok dengan kelas di atasnya.

Pada tahun ini, besar kemungkinan harganya masih di bawah Rp  15.000. Untuk penggemar kretek berfilter, rokok Ziga ini terbilang lebih murah dibanding Next misalnya. Pula jika dibandingkan dengan kelasan bold di harga yang sama, Ziga masih worth it.

Andalan

Baca Juga:  Selamat Berpuasa Selamat Merawat Kewarasan

Produk kretek  dengan merek Andalan ini terbilang anyar diluncurkan, tepatnya pada  4 Juli 2020. Pada tahun lalu harga ecerannya sekitar Rp 10.000. Besar kemungkinan pada tahun ini masih di bawah Rp 15.000. Citarasanya khas rokok Jawatimuran. Ada gurih-gurihnya dan mantap tarikannya.

Rokok besutan PT Gudang Baru ini memiliki tiga pilihan di pasaran. Secara isi aper bungkusnya, ada yang isi 12 batang dan 16 batang. Untuk yang berfilter sih secara tampilan cukup elegan dengan sentuhan motif dan warna yang relatif klasik.

Jibal Windiaz

anak kampung sebelah