rokok sobat

Review  Rokok Sobat, SKM Filter Dengan Harga Bersahabat

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sebagai rokok golongan SKM, rokok Sobat tak jauh berbeda dengan rokok di kelasannya. Dengan penegasan kretek filter, produk ini agaknya diposisikan untuk berada di jajaran rokok murah. Seperti halnya rokok  Chief, Vip, dan Ziga, harga ecerannya cukup bersahabat.

Barangkali lantaran itulah merek ini dinamai Sobat, secara citarasa terbilang akrab di segmen sobat kretekus berkantong pas-pasan. Tarikannya juga enteng, tentu tak sepadan jika dibandingkan dengan kretek filter reguler macam Djarum Super ataupula GG Filter Internasional.

Di awal kita mengendus produk ini sudah terasa sensasi cacao menguar, kandungan rempah serta komposisi tembakau pada rokok Sobat terbilang aman. Namun, sebagaimana rokok di kelasannya. Kretek  filter Sobat ini menyisakan rasa yang lekat di tenggorokan.

Jika Anda menemukan sensasi kapulaga yang cukup kuat, iya rokok ini agaknya tidak terlalu menonjolkan citarasa cengkeh seperti kelasan reguler. Bagi yang tidak terbiasa mengisap rokok dengan kandungan rempah khas Indonesia, biasanya akan menyebutnya seperti bau jamu.

Baca Juga:  Tradisi Suwuk Menggunakan Asap Rokok untuk Pengantin itu Bukan Hal Negatif

Perlu diketahui juga, brand  Sobat ini juga ada versi non filternya. Untuk kali ini saya hanya menyoroti kretek filter dari rokok Sobat. Isi per bungkusnya sama, 12 batang juga.

Secara tampilan bungkusnya, untuk yang filter kretek cukup sederhana namun elegan. Didominasi warna hitam serta sedikit warna merah yang menyilang dan cukup menciri.

Dari sisi kandungan nikotinnya  tertera 2,1 Mg, tercantum juga kandungan tar-nya 33 Mg. Kedua keterangan ini dapat kita temukan pada bagian sisi bungkusnya. Komposisi ini tak jauh berbeda dengan rokok SKM full flavor yang lazim kita ketahui.

Harga pasarannya di tahun lalu sekitar Rp 12.000-13.000, sudah bias kita perhitungkan di tahun 2021 ini akan mengalami kenaikan harga di tingkat eceran. Sebagaimana rokok di kelasannya, harga rokok ini dieceran relatif terjangkau.

Rokok Sobat dapat menjadi salah satu opsi bagi kretekus di kesempatan apapun. Hanya saja, persebaran rokok ini belum merata, sementara ini masih bisa kita dapati di sekitaran Jawa Tengah. Selamat ber-Sobat ria, bagi kretekus yang menjadikan rokok ini sebagai rokok harian.

Baca Juga:  Mengakali Rokok Penyair
Jibal Windiaz

anak kampung sebelah