rokok
Ragam

Berapa sih Kadar Nikotin dalam Rokok?

Rokok tak hanya mengandung tembakau dan cengkeh, tapi juga ada unsur nikotin dan tar yang tersemat di dalamnya. Dua unsur tersebut memiliki kadar yang berbeda-beda di tiap rokok. Ada yang besar ada yang kecil. Namun sebenarnya berapa sih kadar nikotin dalam rokok?

Sebelum melangkah lebih jauh membahas kadar nikotin dalam rokok, sebagai informasi bahwa nikotin juga terkandung dalam sayuran seperti kentang, kol dan yang lainnya. Kol yang sering kita makan memiliki kadar nikotin sebesar 3,8 gram di tiap kembang kolnya.

Terong yang menjadi favorit saat makan ayam geprek bahkan memiliki kadar nikotin yang lebih tinggi, yaitu 10 gram. Begitu juga dengan kadar nikotin yang tinggi pada kentang yaitu 15,3 gram.

Sedangkan kadar nikotin dalam rokok sebenarnya berbeda-beda tergantung dari jenisnya. Secara umum di Indonesia ada tiga jenis yang dimaksud, yaitu Low Tar Low Nicotine (LTLN), Medium Tar, dan Full Flavor. Ketiganya memiliki kadar yang berbeda-beda dan nanti akan saya berikan contoh rokoknya.

Baca Juga:  Kandungan Viagra Pada Cairan Vape Ancam Kesehatan Konsumen

Rokok-rokok seperti Sampoerna A Mild, LA Lights, dan Clas Mild adalah contoh rokok berjenis LTLN. Sesuai jenisnya, tipe rokok ini memiliki kadar nikotin yang rendah, yaitu hanya satu miligram nikotin saja di tiap batangnya. Jauh lebih rendah dari kol, terong, dan kentang, bukan?

Selanjutnya adalah Medium Tar, atau lebih sering kita kenal sebagai produk rokok Bold. Contohnya banyak sekali, salah satu yang paling populer adalah LA Bold. Sebenarnya rokok Medium Tar memiliki kandungan nikotin yang juga kecil yaitu 1,2 miligram, namun dengan tar yang agak lebih berat ketimbang LTLN.

Kadar nikotin dalam rokok Full Flavor jadi yang terbanyak ketimbang dua jenis tadi, yaitu 1,8 miligram. Sebenarnya tidak jauh berbeda, tapi sebagai informasi dan meluruskan tiga jenis tadi juga dibedakan dengan kadar tar yang ada. Full Flavor jadi yang terberat ketimbang dua jenis lainnya.

Contoh-contoh rokok Full Flavor adalah Djarum Super, Gudang Garam Filter, Diplomat, Surya 16, Dji Sam Soe, dan yang lainnya. Makanya saat kita menghisap rokok-rokok tersebut sensasinya terasa lebih berat ketimbang LTLN dan Medium Tar.

Jadi, yang mana favoritmu?

Baca Juga:  Mitos Seputar Pipa Rokok Tanduk Rusa
Penulis di Komunitas Kretek