jual rokok batangan
Ragam

Semua Rokok Berpita Cukai Rokok 2021 Bulan Ini

Sejak memasuki bulan Maret sejatinya semua rokok di pasaran sudah menggunakan pita cukai rokok 2021. Ada semacam masa toleransi memang pasca Februari dimana ketetapan resmi cukai baru diberlakukan. Namun, tak dipungkiri, ada beberapa ritel yang masih menjual rokok berpita cukai 2020.

Sebagai konsumen, setidaknya kita harus mampu untuk mengingatkan, bahwa rokok bercukai lama sudah tidak layak beredar. Bukan apa-apa, selain rasa nikmatnya sudah berkurang, ini berkaitan dengan kepatutan produk yang memiliki nilai intrinsik.

Jika rokok yang dijual berpita cukai lama, terus harga ecerannya ikut naik mengikuti cukai baru, jelas ini tidak fair. Konsumen akan merasa dirugikan. Memang sih, sebagian besar ritel menginginkan semua produknya laku.

Namun, dari sisi ini pihak ritel juga harus mengedepankan asas yang fair. Apalagi ini menyangkut pelayanan konsumen. Tak ayal, jika konsumen merasa dirugikan, ritel bisa kehilangan pelanggan. Konsumen jadi ragu untuk kembali belanja.

Nah, dalam hal ini, mestinya pihak ritel harus mampu kritis terhadap pihak agen atau distributor. Berani mengoreksi distributor yang (mungkin saja) memanfaatkan celah. Maksudnya, lantaran masih tersedia stok rokok 2020 yang belum terjual, eh masih juga dikeluarkan demi balik modal.

Baca Juga:  Merayakan Idul Fitri, Memaknai Silaturahmi Kretek

Memang sih, untuk bisnis rokok di tingkatan eceran ini cukup menuntut kecakapan tersendiri. Misalnya soal ketersediaan varian produk, pedagang ya harus mampu mengukur daya beli pelanggannya. Sehingga menjadi paham betul mana merek yang memang laris dan harus ada stoknya, dan mana yang tidak terlalu perlu banyak stok.

Kecakapan akan hal ini secara alamiah akan ditemukan dalam proses berdagang dari waktu ke waktu. Biasanya, warung klontongan yang menjual rokok, apalagi terlihat banyak pelanggannya, kerap menjadi incaran para distributor rokok yang membawa merek keluaran baru.

Ada berbagai bentuk promo dan kemudahan bisnis yang ditawarkan. Bagi pedagang yang cukup memiliki kecakapan, biasanya tidak mau asal terima tawaran itu, lantaran paham, tak semua rokok memiliki siklus jual yang bagus di pasaran.

Jika masih beredar rokok berpita cukai lama di bulan ini, bisa dipastikan itu stok yang tak laku terjual. Stok yang seharusnya tidak boleh dijual lagi ke konsumen. Untuk itu, semua rokok dengan cukai rokok 2021 yang sudah harus diterima konsumen. Kalau masih ada rokok berpita cukai 2020, tolak. Sudah berkurang rasa nikmatnya itu. Geser saja ke warung sebelah.

Baca Juga:  3 Trik Membuat Asap Rokok Terlihat Menakjubkan
Penulis di Komunitas Kretek