Ternyata Begini Sejarah Korek Dalam Peradaban Manusia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sejarah korek api sama pentingnya dengan titik penting dalam peradaban manusia. Ditemukannya cara membuat api oleh manusia merevolusi banyak cara hidup mereka. Ekosistem berubah dan cara bertahan hidup berubah.

Jessica Thompson, seorang ahli paleoantroplogi dari Yale mengamini hal tersebut. Dia menjelaskan bahwa penemuan cara pengendalian api jadi titik awal perubahan ekosistem manusia yang paling fundamental.

Betapa dahsyatnya korek api bagi kehidupan manusia. Sejarah korek diawali dengan aktivitas manusia pada era itu yang menggesekkan dua batang kayu secara terus menerus hingga muncul api. Anda pernah lihat film legendaris ‘Cast Away’ yang diperankan Tom Hanks? Nah, di situ ada adegan yang menjelaskan caranya.

Ribuan tahun cara ini diterapkan–bahkan masih ada beberapa kelompok masyarakat yang melakukannya hingga saat ini. Pada 1680 menjadi fase selanjutnya pembuatan api. Adalah Robert Boyle, ilmuan berkebangsaan Inggris yang menemukan fakta bahwa fosfor dan belerang bisa mempermudah terbentuknya api.

Cara ini adalah pijakan pertama ditemukannya korek api kayu yang masih kita temui hingga sekarang ini. Meski sebenarnya Cina jadi bangsa yang pertama kali menemukan korek api kayu di era 577 Masehi.

Baca Juga:  Harga Rokok yang Sesuai Ekonomi Masyarakat Saat Ini

Ceritanya tidak hanya berhenti di situ. Pada Masehi, Louis Ronson mematenkan pemantik hasil karyanya yang diberi label Pist-O-Liter. Tiga tahun kemudian, perusahaannya, Ronson Lighter Company, memproduksi pemantik modern seukuran genggaman tangan.

Apa yang dilakukan Louis Ronson, seorang pengrajin logam tersebut menjadi karya yang kita pakai hingga saat ini. Apa itu? Ya, korek api pemantik yang bentuknya menjadi kian beragam hingga saat ini.

Meski korek api pemantik modern saat ini menggunakan gas, sebenarnya dulu tidak begitu. Memasuki 1940 Masehi, bahan bakar pemantik mulai bergeser dari nafta ke butana. Bau butana tak setajam nafta. Selain itu, butana yang terkompresi dapat diatur intensitas “kekuatan” apinya.

Begitulah kisah tentang sejarah korek api yang patut kalian ketahui. Kisah yang panjang bahkan di awal penemuannya menjadi titik dasar perubahan besar ekosistem umat manusia. Korek api, ditemukan oleh leluhur kita di masa lampau, namun hilang oleh ulah rekanmu di tongkrongan.

Indi Hikami

TInggal di pinggiran Jakarta