pipa rokok

Pipa Rokok dan Cangklong, apa bedanya?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pipa rokok memiliki perbedaan bentuk dan fungsi yang jelas dibanding cangklong. Meskipun keduanya sama-sama perangkat untuk menikmati nikotin pada tembakau. Namun secara prinsip, pada keduanya terdapat fungsi yang berlainan.

Cangklong secara fungsi bukan perangkat untuk mengisap rokok. Pada cangklong terdapat yang disebut ‘bowl’ yang dijadikan tempat untuk menaruh tembakau untuk dibakar. Bowl inilah satu pembeda yang jelas dari cangklong.

Selain adanya bowl, terdapat juga penggunaan tamper untuk membersihkan dan memadatkan tembakau yang ada di bowl. Kemudian pada bagian utama cangklong yang bentuknya panjang seperti pipa, itu disebut ‘setem’. Keberadaan setem ini dapat dibuka lepas dari bowl-nya, agar bisa dibersihkan ataupula diganti.

Lain halnya dengan pipa rokok ataupula yang populer disebut once, bentuk paling umum hanya lurus saja. Bagian lubang depang untuk menaruh rokok, diameter lubangnya sudah pasti menyesuaikan ukuran diameter rokok. Berbeda dengan bowl pada cangklong yang diameter lubangnya lebih lebar.

Bahan baku pipa rokok sangatlah beragam, seperti juga bahan baku untuk cangklong. Ada yang berasal dari kayu dan bamboo, ada juga yang berasal dari tanduk dan tulang.

Baca Juga:  Rokok adalah Alat Berdzikir yang Kekinian

Pada penggunaan pipa rokok kita tidak perlu menggunakan tamper, sebagai alat yang harus ada pada aktivitas nyangklong. Ketika rokok sudah dapat dimasukkan ke dalam ujung pipa, kita sudah bisa langsung mengisapnya. Tanpa harus dibuat rata atau dipadat-padatkan seperti perlakuan terhadap tembakau pada cangklong.

Sebagian besar penikmat cangklong, paham betul jenis korek yang pas untuk melakukan proses menikmati tembakau dengan cangklonghg. Korek apinya haruslah korek gas, bukan korek gejres. Biasanya, terdapat bagian ujung yang agak melengkung ke bawah pada bagian output apinya, dibuat bentuknya demikian ergonomis.

Beda halnya kalau kita menggunakan pipa rokok, tidak dibutuhkan korek khusus untuk menikmati aktivas ngebul tersebut. Penggunaan pipa rokok jauh lebih sederhana dibanding dengan mengisap tembakau pada cangklong.

Harganya pipa buat rokok ini relatif lebih murah ketimbang harga cangklong di pasaran. Bahkan terbilang variatif. Beberapa produsen pembuat alat ngebul ini paham betul cara memanjakan konsumennya yang notabene perokok.

Ada pipa yang diberi unsur logam pada bagian lubang utamanya, jadi terlihat lebih elegan dan terkesan kece. Ada juga pemutakhiran pada bagian ujung isapnya. Satu hal yang tak kalah jadi pergunjingan adalah penggunaan bahan baku. Beberapa pihak menyebutkan, beda bahan beda rasa dan sensasi merokoknya. Tak heran jika, jenis pipa berbahan gading gajah dan tanduk rusa merupakan jenis bahan yang paling diburu kolektor pipa.

Baca Juga:  Pagelaran Olahraga, Ajang Taruhan Rokok Antar Teman

 

Jibal Windiaz

anak kampung sebelah