Pipa rokok

Mengenal Cangklong Rokok yang Populer di Pasaran

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Cangklong rokok adalah perangkat yang lazim dipakai sebagian perokok. Biasanya alat isap itu digunakan untuk mendapatkan sensasi merokok yang berbeda. Salah satu alasannya adalah untuk menyaring unsur nikotin yang ada pada rokok.

Ada beragam pilihan bentuk dan ukuran yang bisa kita temukan di pasaran. Mulai dari yang berukuran kecil, sedang, dan panjang. Materialnya pun berbeda-beda, ada yang terbuat dari polycarbon, ada yang dari tulang, kayu, tanduk, gading, dan bambu.

Menurut sejarah singkatnya, cangklong rokok ini berawal dari sejarah bangsa indian yang dikenal dengan istilah pipa perdamaian dan untuk ritus keagamaan. Seiring perkembangan, alat isap itu menjadi bagian dari gaya hidup perokok.

Ada yang menganggap alat ini dapat menunjang citra penampilan. Selain itu, penggunaannya juga dipercaya memberi manfaat untuk menyaring kandungan nikotin. Kandungan nikotin yang berwarna kuning itu akan banyak berjejak di bagian dalam cangklong.

Teknis penggunaan alat isap rokok ini sangatlah sederhana. Kita hanya cukup memasukkan batang rokok ke dalam lubang depan cangklong. Setelah tertanam di bagian tersebut, kita sudah bisa langsung mengisapnya.

Baca Juga:  Mengenal Tembakau Prancak Madura pada Kretek

Lubang cangklong rokok umumnya dibuat sesuai dengan diameter rokok rata-rata. Berbeda dengan cangklong untuk mengisap tembakau. Pada bagian muka cangklong pasti ada bowl-nya, mangkuk untuk menampung tembakau yang akan dibakar. Jelas kan ya perbedaannya.

Sebagian besar penggunanya percaya kalau bahan material cangklong sangat menentukan sensasi yang didapat. Misalnya yang terbuat dari tulang ataupun tanduk, konon dapat memberi pengaruh medis bagi perokok.

Adapula yang menganggap cangklong ini dapat mengurangi asupan nikotin ataupun tar (residu) dari rokok. Pilihan bahan material tulang yang digunakan umumnya adalah tulang kambing, ada juga yang dari tulang sapi.

Demikian pula dengan bahan material yang berasal dari organ binatang, umumnya dari tanduk kerbau, harganya tidak seberapa mahal. Namun, adapula yang diakui cukup prestisius, iya itu dari tanduk rusa dan gading gajah. Tentu harganya pun cukup fantastis.

Jika kita mampir ke toko khusus yang menyediakan perangkat merokok dan tembakau. Biasanya yang banyak tersedia yang terbuat dari kayu dan polycarbon. Harganya pun tidak seberapa mahal. Kedua jenis ini yang paling laris.

Baca Juga:  Bulan Ramadhan, Bulan Pembuktian Rokok Bukan Candu
Jibal Windiaz

anak kampung sebelah