Press ESC to close

Mengenal Ragam Tembakau Rasa

Jika bicara soal kekayaan alam Indonesia tentu saja boleh berbangga diri. Sebab Negara ini punya kekayaan alam yang berlimpah, salah satunya adalah tanaman tembakau. Nah kalian perlu tahu, ada banyak ragam tembakau yang bisa kalian pilih untuk dilinting dan sangat digemari oleh para pecinta tingwe.

Jika dulu aktifitas melinting rokok akrab dengan orang tua, sekarang justru tidak dan digemari oleh banyak kalangan. Aktivitas melinting justru jadi tren di kalangan masyarakat belakangan ini. Toko-toko tembakau pun rasanya sering dijumpai, meski tidak banyak, boleh lah kita sepakat kalo melinting ini jadi hobi baru di kalangan anak muda.

Bagi para tingwe lovers, menikmati rokok hasil lintingan sendiri tentu memiliki nilai lebih. Kenikmatannya ada dalam tingkatan lain, karena mereka memilih sendiri jenis tembakau apa yang mereka mau. Belum lagi bisa menambahkan “bumbu” sendiri sebelum dihisap dalam-dalam.

Merokok tembakau hasil lintingan sendiri yang dibuat dengan kesabaran dan ditemani oleh kopi hitam serta obrolan-obrolan hangat yang menyenangkan jadi kombo maut kenikmatan.

Selain karena itu, merokok tembakau lintingan juga bisa jadi opsi karena harga rokok yang sekarang sedang meroket. Bukan satu-dua orang yang bilang jika merokok tingwe, bisa bikin kita lebih hemat. 

Baca Juga:  3 Alasan Kenapa Saya Membutuhkan Rokok

Bicara soal tembakau berarti bicara juga soal rasa. Karena ada banyak jenis tembakau di Indonesia, mari kita mengenal ragam tembakau rasa.

Tembakau Darmawangi

Pertama ada Tembakau Darmawangi yang berasal dari Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Nama tembakau ini sendiri sama seperti nama desa di sana, Darmawangi.  Desa ini jadi salah satu penghasil tembakau terbesar di daerah jawa barat loh, kretekus.

Tembakau Darmawangi ini punya ciri khas karena teksturnya tidak begitu keras saat dipotong. Warnanya coklat kekuning-kuningan serta memiliki rajangan yang halus. Jenis tembakau ini sangat pas untuk kalian perokok “ringan” dan tingwe pemula.

Tembakau Gayo Aceh

Tembakau yang juga disebut sebagai Bakong Aceh ini punya rasa yang unik dan khas. Tembakau Gayo Aceh sendiri adalah salah satu jenis tembakau yang populer di kalangan pelaku tingwe.

Daun tembakau ini berwarna hijau, rajangannya halus dan rasanya sangat soft. Saat dihisap aroma yang keluar sangat mantap dan sedap. Bagi saya, tembakau ini ada di top list dan sangat wajib dicoba jika kalian adalah tingwe pemula.

Baca Juga:  Wur: Aneka Rempah dalam Kretek

Tembakau Rasa ‘Rokok’

Tembakau satu ini bisa dikategorikan sebagai tembakau yang laku di pasar modern. Produsen tembakau ini memberi campuran perasa dan banyak beredar di pasaran. Ada banyak sekali jenis rasa untuk tembakau ini, mulai dari rasa rokok-rokok terkenal hingga rasa lain seperti kopi atau buah-buahan.

Tembakau rasa ini harganya lebih mahal dari tembakau lain, tapi jangan khawatir karena harganya tidak beda jauh, kok.

Nah itu dia ragam tembakau yang saya rekomendasikan dan perlu kalian coba. Sebenarnya ada banyak ragam tembakau, tapi 3 jenis itulah yang menurut saya pas untuk para tingwe pemula. Inget ya, ini bagi saya, kan selera orang mah beda-beda.

Komunitas Kretek
Latest posts by Komunitas Kretek (see all)

Komunitas Kretek

Komunitas Asyik yang Merayakan Kretek Sebagai Budaya Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *