Rokok Dewa 19, Serius Jualan atau Cuma Gimmick?

rokok dewa 19

Pentolan band legendaris Dewa 19 Ahmad Dhani memang suka sekali bikin sesuatu yang tak terduga. Agak berlebihan kalau kita sebut orang ini suka bikin sensasi. Tapi memang pada kenyataannya Dhani memang sering bikin kehebohan. Seperti halnya saat dia meluncurkan secara resmi satu produk rokok dengan merek Dewa 19 Legend.

Di awal bulan Februari 2023, musisi Ahmad Dhani secara mengejutkan memperkenalkan sebuah merek rokok baru yang identik dengan grup music miliknya. Mungkin kebanyakan orang yang mendengar kabar itu langsung punya tendensi negatif terhadap masa depan rokok ini, termasuk saya sendiri. Bahkan saya yakin banyak juga dari kita yang beranggapan kalau rokok Dewa 19 Legend hanyalah sebuah gimmick yang kemunculannya cuma bakal seumur jagung. 

Anggapan itu jelas sangat masuk akal kalau hanya dikaitkan dengan sosok Ahmad Dhani semata. Tapi kalau kita perhatikan lebih jauh, produk ini sepertinya digarap dengan serius dan punya perencanaan pemasaran yang sangat menjanjikan. Dan jangan lupa, grup band selama ini masih jadi sarana promosi paling jitu bagi semua produk rokok. Keunggulan itu yang mungkin ditangkap Ahmad Dhani sebagai peluang sebagai jalan pintas untuk proses pemasaran rokok para legendaris ini.

Baca Juga:  Sejarah Museum Kretek

Seperti halnya lagu-lagu karya Dewa 19, rokok ini tentu diharapkan mampu diterima dengan baik di pasaran. Dhani mungkin juga berharap agar Baladewa dan Baladewi yang secara jumlah sangat banyak menjadi konsumen barisan pertama rokok Dewa 19 Legend. Bahkan jika dikelola secara baik, bukan tidak mungkin Baladewa dan Baladewi pada saatnya nanti bisa jadi agen promosi swadaya untuk produk rokok satu ini.

Cuma yang perlu agak serius diperhatikan, persaingan di sektor ini sejatinya sangat sengit. Bahkan sebuah perusahaan besar yang secara brand sudah sangat populer saja sering kali gagal meluncurkan produk baru mereka. Karena pada dasarnya, seperti halnya musik, rokok sangat identik dengan selera masing-masing individu. Mengubah selera orang bukan perkara sederhana. Mungkin hal ini yang bakal jadi problem besar yang bakal mengiringi perjalan rokok Dewa 19 Legend kedepannya. Secara promosi, rokok keluaran Ahmad Dhani ini boleh dibilang lebih dimudahkan karena secara brand sangat populer. Tapi produk yang bisa dengan cepat dikenal tidak menjamin produk itu bisa cepat juga diterima pasar.

Baca Juga:  Buruh Gudang Tembakau Lombok

Sebagai tambahan penjelasan, rokok Dewa 19 Legend diproduksi oleh PT Berkah Cahaya Sejahtera yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur. Rokok ini bakal didistribusikan oleh CV Sadhu Mukti Bawana yang berpusat di Batang, Jawa Tengah. Rencananya, rokok ini akan pertama kali diadakan di beberapa kota pilihan yakni Bandung, Batang, Purworejo dan Malang. 

Komunitas Kretek
Latest posts by Komunitas Kretek (see all)