Press ESC to close

Selain Cengkeh, Ini Daftar Campuran Rempah-Rempah yang Bikin Tingwe Makin Nikmat

celain tembakau, ada beberapa daftar campuran rempah-rempah yang membikin tingwe semakin nikmat

Indonesia terkenal dengan rempah-rempahnya di mata dunia. Pala dan cengkeh adalah tujuan mengapa bangsa barat menjajah Indonesia kala itu. Dahulu rempah-rempah harganya bisa setara dengan emas karena fungsi dan manfaatnya sangat banyak. Selain bumbu masakan, rempah-rempah dapat digunakan untuk mengawetkan bahan makanan dan menghangatkan tubuh. Selain itu juga, kretek yang menjadi rokok khas Indonesia tidak luput dari peran rempah-rempah sebagai bahan baku dalam racikannya. 

Dalam dunia pertembakauan dikenal dengan istilah wur atau awur-awur. Wur ini merupakan aneka rempah yang umumnya digunakan untuk sebagai bumbu masak. Wur berfungsi untuk penyedap rasa sekaligus penstabil rasa untuk tembakau. 

Sejak dulu, dunia pertembakauan telah mengenal tingwe. Istilah yang menggambarkan para perokok meracik rokok dengan gayanya masing-masing. Ada banyak campuran rempah-rempah yang bikin tingwe kamu makin nikmat.

4 Jenis Campuran Rempah-rempah untuk Tingwe

1. Cengkeh

Cengkeh merupakan tanaman endemik asal Indonesia. Selain itu, cengkeh memiliki manfaat yang beragam. Cengkeh dapat digunakan sebagai bumbu masakan, penambah aroma untuk minuman, diekstrak menjadi minyak dan menjadi bahan baku rokok kretek. Di Indonesia sendiri, lebih dari 90% serapan cengkeh untuk sebagai bahan baku rokok kretek.

Dalam kegunaannya sebagai campuran kretek atau tingwe, cengkeh berfungsi untuk penyedap rasa dan menyetabilkan nikotin yang dikandung tembakau. Ada beberapa jenis tembakau yang jika kita hisap akan menghasilkan semacam tendangan di tenggorokan. Jika jenis tembakau tersebut dicampur dengan cengkeh maka tendangan di tenggorokan tersebut akan terasa lebih halus. 

Baca Juga:  Tips Belanja Rokok Pada Masa Pandemi

Selain itu, cengkeh juga ada bisa menambah aroma wangi serta penyedap rasa. Jika kita melinting tidak menggunakan cengkeh, biasanya rasanya cenderung hambar dan tidak begitu kuat. Namun setelah ditambah dengan cengkih, rasanya akan terasa lebih kuat dan legit. Aromanya juga lebih nikmat dibanding tidak menggunakan cengkeh. 

Bagi sobat tingwe yang baru mencoba melinting, saya saranakan untuk menggunakan cengkeh. Agar rasa yang dihasilkan lebih nikmat. 

2. Akar Klembak dan Kemenyan

Akar klembak dan kemenyan menjadi salah satu jenis rokok yang lumayan popular di Indonesia yang disebut rokok klembak menyan. Karena kepopuleran tersebut menjadikan akar klembak dan kemenyan seringkali menjadi campuran untuk tingwe. Akar kelembak dan menyan mempunyai ciri khas aromanya yang wangi. 

kemenyan

Selain itu juga, akar klembak dan kemenyan bisa menjadi penyedap rasa sekaligus memperhalus tembakau. Namun khusus untuk kemenyan mungkin hanya untuk orang yang sudah lama menggeluti dunia tingwe. Mengingat aroma kemenyan itu bagi sebagian orang kurang cocok. Bagi sobat tingwe pemula saya tidak menyarankan kalian untuk mencampur tembakau dengan kemenyan. 

3. Kayu Manis

Hampir sama dengan cengkeh, kayu manis juga seringkali digunakan untuk kebutuhan makanan dan minuman. Ciri khas dari kayu manis ini adalah aromanya yang kuat dan mempunyai rasa pedas dan manis. Maka dari itu, tidak sedikit penikmat tingwe mencampurkan kayu manis ini dalam racikannya. 

Baca Juga:  Ratih Kumala, Buku, dan Kretek

Aroma rempah dari kayu manis ini dapat menambah gairah untuk merokok. Aroma yang sedap tidak membuatnya eneg. Selain itu, kayu manis ini juga bisa menjadi penyedap rasa rokok. Jika tembakau yang digunakan mempunyai tipikal rasa yang tipis, kayu manis ini bisa menambah sensasi rasa pedas dan manis. 

4. Vanili

Vanili ini banyak digunakan sebagai penyedap makanan. Rasa vanila pada minuman dan makanan berasal dari tumbuhan ini. Rasa vanila yang akrab untuk lidah orang Indonesia ini kemudian banyak diminati oleh penikmat tingwe. 

Selain aromanya yang wangi dan legit, rasa manis dari vanili ini menjadi penyedap rokok. Bagi sobat tingwe yang menginginkan rasa manis lebih, bisa menggunakan vanili ini sebagai campurannya. 

Itulah empat daftar campuran rempah-rempah tingwe yang bisa kamu coba. Selamat menikmati, sobat tingwe!

Bagas Nurkusuma Aji

Bagas Nurkusuma Aji

Videografer di Komunitas Kretek. Lahir dan besar di Turi, Sleman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *