rokok satu slop

Apa Merek Rokok Kretek Terbaik di Indonesia?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Indonesia sebagai sebuah negara tempat lahirnya kretek, tentu banyak melahirkan produk-produk kretek. Mulai yang dibuat dari industri skala rumahan hingga pabrik besar, semuanya memiliki citarasanya tersendiri. Akan tetapi apa yang menjadi rokok kretek terbaik di Indonesia?

Saya memiliki tiga jawaban soal ini dan jawaban tersebut merepresentasikan tiga produsen terbeser rokok kretek di Indonesia. Saya tidak mengukurnya tidak dari patokan harga atau worth it to buy, namun saya mengkurnya dari banyak aspek.

Rokok kretek terbaik pertama di Indonesia adalah Gudang Garam Surya 16. Saya pikir sulit untuk membantah asumsi ini. Pertama karena penikmatnya sangat banyak dan tersebar di seluruh Indonesia. Kedua karena citarasanya yang khas dan bertahan sejak lama.

Anda semua pasti sudah tahu darimana rokok ini berasal. Tapi pasti banyak yang belum tahu jika Surya 16 lahir di era 1980-an. Kehadirannya memang untuk menyaingi salah satu rokok kretek terbaik di Indonesia yang kedua yaitu Djarum Super.

Baca Juga:  4 Kebiasaan Perokok yang Menyebalkan

Rokok kretek terbaik di Indonesia memang memiliki kekuatan di soal rasa. Tak hanya itu citarasa tersebut mampu dipertahankan dalam waktu yang sangat lama. Jika Surya 16 dilahirkan di era 1980an, Djarum Super lahir terlebih dahulu pada 1975.

Rokok yang menjadi andalan PT Djarum dari Kudus ini memang menjadi salah satu produk unggulan di sektor sigaret kretek mesin (SKM) reguler. Mengandalkan cita rasa yang kuat sebagaimana rokok Full Flavor lainnya, rokok Djarum Super menjadi benchmark dari rasa kretek khas kudusan.

Citarasa yang membuat Djarum Super jadi rokok kretek terbaik di Indonesia karena racikan tembakau dan cengkeh yang paling unggul dari produk lain. Makanya rokok ini punya jargon superfine clove cigarette yang memang terbukti super!

Rokok kretek terakhir adalah Sampoerna Dji Sam Soe. Tidak bisa dipungkiri bahwa produk ini merupakan salah satu yang unggulan di sektor sigaret kretek tangan. Walau sebenarnya masih bisa diadu dengan Djarum Coklat atau Djarum 76.

Namun, alasan mengapa harus memilih rokok ini karena ketersebaran rokok ini yang sangat luas. Lalu hegemoni produk ini yang kuat di masyarakat Indonesia. Jika ditanya kepada mereka kretek tanga napa nama rokoknya, mostly mereka akan menjawab Dji Sam Soe.

Baca Juga:  Inilah Bungkus Rokok Unik di Era Kekinian

Tiga rokok kretek tersebut merupakan yang terbaik di Indonesia. Mana yang paling anda sukai?

Indi Hikami

TInggal di pinggiran Jakarta