cengkeh
Opini

Isyarat Baik Untuk Panen Cengkeh Tahun Ini

Cengkeh sebagai unsur penting pada kretek merupakan komoditas perkebunan yang memiliki kultur tersendiri. Banyak petani cengkeh menautkan harapan hidupnya pada jenis rempah ini setiap tahunnya. Produktivitas cengkeh dan tembakau sama bergantung pada kondisi cuaca. Dan terbilang 93% cengkeh di Indonesia terserap untuk industri rokok.

Seperti yang kita ketahui gerakan antirokok kerap menstigma rokok dengan segala hal-hal negatif. Dalih kesehatan dan kampanye absurd yang mereka mainkan sedikitnya memberi dampak terhadap serapan cengkeh untuk industri rokok.

Tahun lalu produksi cengkeh mengalami penurunan yang cukup berarti. Hanya sekitar 10% yang terserap. Secara hitungannya kurang dari 15,000 ton hingga akhir tahun. Namun hal itu lebih dikarenakan kondisi cuaca yang kurang baik.

Sampai sekarang harga cengkeh masih belum pula merangkak naik. Normalnya harga cengkeh berkisar 120,000—130,000 per kg. Sementara ini masih berada di bawah 100,000 per kg. Kabarnya kondisi tersebut terjadi sejak tahun 2016.

Biasanya gelagat panen itu bisa diketahui terhitung di bulan Juli dan Agustus. Namun setidaknya kabar baik itu bisa ditengarai dari cengkeh yang sudah mulai berbunga pada bulan ini. Diperkirakan produksi cengkeh pada tahun ini bisa tembus sampai 110,000 ton hingga 130,000 ton. Sekali lagi itu pun jika tidak ada gangguan cuaca yang sangat berarti.

Baca Juga:  Perempuan Merokok Sudah Pasti Nakal?

Sebagai tanaman keras yang umurnya bisa mencapai ratusan tahun. Ada interval waktu yang cukup memberi peluang bagi petani cengkeh untuk memanfaatkan lahannya, apalagi cengkeh tidak terlalu memerlukan perawatan khusus. Tak heran jika para petani memanfaatkan lahan cengkehnya dengan menanam tanaman lain yang cepat menguntungkan. Biasanya tanaman penunjang itu ditanam di sekitaran perkebunan cengkeh.

Di situlah istimewanya para petani. Di sela menunggu hasil panen cengkehnya mereka juga tetap mengandalkan tanaman produktif lainnya, iya tentu agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Meski kabarnya pemerintah pada tahun ini akan berupaya mengembalikan kejayaan rempah, yang kemudian produktivitas cengkeh tahun ini pun diharapkan membawa kabar baik. Namun ada satu hal yang selalu diharapkan menjadi lebih baik, yakni terkait harga cengkeh di pasaran yang diharapkan tidak jatuh seperti tahun sebelumnya.

Biar bagaimanapun andil petani cengkeh dan hasil panennya sangat dibutuhkan untuk kelangsungan industri kretek. Industri yang memberi pemasukan besar juga bagi negara. Maka itu pemerintah pun sebetulnya berkepentingan untuk memberi jaminan, terutama dalam upaya mendorong harga pasar yang menguntungkan untuk petani. Artinya jikalau tahun ini panen cengkeh akan lebih baik seperti prediksi di atas. Harapannya tentu harga cengkehnya pun dapat jauh lebih baik. Jika pemerintah bisa mendapat keuntungan dari industri rokok, maka sudah seharusnya petani pun berhak mendapat keuntungan yang membuat keluarganya tersenyum bahagia.

Baca Juga:  Review Rokok Djeruk, Benarkah Rasa Buah Jeruk?
Penulis di Komunitas Kretek

You might also like